Cara Ampuh Membasmi Semut dalam Rumah

Diposting pada


Tips ampuh membasmi semut dalam rumah secara alamiMembasmi semut dalam rumah | Di luar rumah, semut merupakan bagian penting dari lingkungan karena berkontribusi pada keseimbangan ekologis. Namun, saat hidup di dalam rumah, semut menjadi gangguan yang cukup menjengkelkan. Bagaimana tidak, sedikit saja ada remahan makanan yang tercecer, semut pasti akan berdatangan. Lebih menjengkelkan lagi jika semut-semut itu mengerumuni hidangan makanan Anda, bahkan sering kali menggigit Anda. Tanpa sadar, air teh yang Anda minum dikerumuni oleh semut. Alhasil, bibir Anda menjadi bentol gara-gara digigit semut. Sangat menjengkelkan, bukan?

Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah semut ini? Tak perlu menggunakan insektisida yang berisiko terhadap kesehatan keluarga, karena Anda bisa membuat sendiri pembasmi semut alami yang efektif dan aman. Berikut beberapa bahan alami untuk membasmi semut.

  1. Garam. Garam yang selama ini kita kenal sebagai bumbu masakan ternyata juga bermanfaat untuk mengusir semut. Caranya, taburkan garam di sudut-sudut lemari penyimpanan makanan di dapur atau area lain yang kerap didatangi semut. Bila Anda menemukan sarang semutnya, taburkan pada tempat tersebut. Cara lain, larutkan garam dengan air panas, kemudian semprotkan ke daerah yang banyak didatangi semut.
  2. Lada. Selain garam, lada juga efektif untuk mengusir semut. Gunakan cara yang sama seperti ketika Anda menggunakan garam. Taburkan pada tempat-tempat yang kerap didatangi semut.
  3. Bubuk vanila. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue ini ternyata juga dapat digunakan untuk mengusir semut. Caranya pun sama ketika Anda menggunakan garam atau lada. Taburkan bubuk vanila ini di sudut-sudut lemari makanan atau area lain di dapur yang kerap didatangi semut. Selain mampu mengusir semut, bubuk vanila juga bisa membuat lemari menjadi harum.
  4. Larutan cuka. Cara lain yang juga cukup efektif mengusir semut yaitu dengan menyemprotkan larutan cuka pada tempat yang sering dilalui semut. Semut tidak kuat dengan bau menyengat yang berasal dari larutan cuka, sehingga mereka akan menghindarinya. Selain larutan cuka, cuka apel dan minyak peppermint juga bisa digunakan untuk menyingkirkan semut.
  5. Mentimun. Tahukah Anda jika ternyata semut tidak menyukai rasa mentimun? Atas dasar fakta inilah, mentimun pun menjadi bahan alternatif untuk mengusir semut. Tempatkan potongan mentimun di area yang banyak dilalui atau didatangi semut. Semut pasti akan pergi menjauhinya.
  6. Mint. Aroma mint tidak disukai oleh semut. Di sini, Anda bisa memanfaatkan kantong teh mint bekas untuk mengusir semut. Letakkan kantong teh mint bekas di area-area yang banyak terdapat semut. Atau, Anda juga bisa menggunakan daun mint. Caranya, daun mint dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk terlebih dahulu, baru kemudian ditaburkan di tempat-tempat yang banyak semutnya.
  7. Jus lemon. Bahan alami lain yang sangat mudah untuk menyingkirkan semut adalah jus lemon. Campur jus lemon dengan sedikit air, lalu semprotkan di daerah yang banyak terdapat semut.
  8. Bubur jagung. Bubur jagung akan mengembang di dalam perut semut. Jadi, ketika semut memakan bubur jagung, ia akan mati karena perutnya menggembung. Sebarkan bubur jagung ini di tempat-tempat di mana semut sering berdatangan atau di sarangnya secara langsung.
  9. Bubuk kopi. Sering kali retakan dinding atau lantai, atau nat keramik yang renggang dijadikan semut sebagai tempat untuk bersarang. Taburkan bubuk kopi di sekitar retakan tersebut untuk mencegah semut masuk ke dalamnya. Selain itu, untuk mengusir semut, bubuk kopi juga bisa ditebarkan di tempat yang banyak semutnya.
  10. Bubuk cabai/kayu manis. Sama seperti garam atau lada, bumbu masak ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut. Cara menggunakannya pun sama. Tebarkan bubuk cabai atau kayu manis di sarang semut dan tempat-tempat lainnya yang kerap didatangi semut.
  11. Tanah diatom. Selain untuk membasmi kecoak, tanah diatom juga efektif untuk menyingkirkan semut. Taburkan tanah diatom di daerah yang dipenuhi oleh semut, maka semut pasti akan jauh-jauh dari sana.

Itulah cara ampuh membasmi semut secara alami yang dapat saya tulis di blog ini. Jika di rumah Anda banyak semut yang berkeliaran, Anda patut mencoba tips membasmi semut secara alami di atas. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat terutama bagi pembaca blog ini. Selamat mencoba!

Daftar Istilah:

cara mengusir semut, cara mengusir semut agar tidak datang lagi, cara membasmi semut, Cara menghilangkan semut, cara membunuh semut, cara mengusir semut dari rumah kita, cara menghilangkan semut di rumah, cara mengusir semut merah, cara membasmi semut merah, cara mengusir semut di rumah, Cara basmi semut, cara mengatasi semut, membasmi semut, mengusir semut, cara usir semut, cara menghilangkan semut di lemari pakaian, cara ampuh mengusir semut, cara membasmi semut di rumah, cara menghilangkan semut merah, cara membasmi semut api