Cara Membersihkan Usus dan Ampela Ayam dengan Cepat dan Mudah

Cara Membersihkan Usus dan Ampela Ayam | Jeroan ayam seperti usus dan ampela memang nikmat, apalagi jika Anda dapat memasak atau mengolahnya dengan baik dan benar. Untuk dapat mengolah jeroan ayam menjadi olahan yang benar-benar nikmat, tentu Anda juga harus bisa membersihkannya.

Usus ayam goreng crispy enak gurih dan nikmat

Sumber gambar : resepharian.com

Cara membersihkan usus ayam dan ampela ati ayam sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan usus sapi dan jeroan lainnya. Anda hanya memerlukan silet atau pisau kecil yang nantinya digunakan untuk membelah usus tadi. Untuk cara mencuci usus sapi yang mudah dan efektif, kami sudah mengulasnya di artikel sebelumnya, yakni cara membersihkan usus sapi dengan cepat dan mudah.

 

Sedangkan untuk cara membersihkan jeroan usus ayam, ini tips sederhana untuk melakukannya:

  1. Siapkan pisau kecil atau silat untuk membelah usus.
  2. Tentu saja Anda juga harus menyiapkan usus ayam yang hendak Anda bersihkan.
  3. Ulur usus ayam sepanjang mungkin. Jika tidak memungkinkan Anda dapat memotongnya sesuai dengan yang Anda inginkan.
  4. Pegang ujung usus dengan tangan kiri dan masukkan ujung pisau atau silet. Bela usus dengan cara mendorong ujung pisau dari ujung usus ke ujung lainnya.
  5. Pastikan Anda membelah semua usus ayam sebelum Anda mencucinya dengan air yang bersih.
  6. Jika Anda menggunakan selang, siram usus ayam yang sudah dibelah sambil dikucek. Lakukan hingga kotoran yang menempel di usus menjadi hilang.
  7. Percikkan air perasan jeruk nipis ke atas usus ayam, kucek hingga air jeruk nipis merata.
  8. Taburkan tepung tapioka pada usus ayam dan remas-remas atau kucek hingga tepung dan usus menyatu. Perasan air jeruk nipis dan tepung berfungsi untuk menghilangkan bau atau amis pada usus.
  9. Bilas usus ayam dengan air hingga benar-benar bersih. Jika Anda sudah yakin usus ayam sudah bersih, Anda dapat mengangkatnya dan usus siap untuk diolah menjadi makanan yang sangat nikmat.

 

Cara Membersihkan Ampela Ayam

Untuk membersihkan ampela ayam, peralatannya sama dengan alat yang digunakan untuk membersihkan usus ayam, yakni pisau kecil atau silet. Berikut cara melakukannya:

  1. Siapkan pisau dan ampela ayamnya.
  2. Belah ampela ati ayam dari samping menggunakan pisau.
  3. Kelupas kulit tipis yang biasanya membungkus kotoran di dalam ampela. Biasanya berwarna kuning.
  4. Potong-potong kecil ampela ati ayam sesuai dengan selera Anda. Anda juga dapat membiarkannya secara utuh dan mengolahnya.
  5. Bersihkan dengan air hingga ampela ayam benar-benar bersih.

 

Nah, itu dia cara membersihkan jeroan usus dan ampela ayam yang sederhana tapi sangat bermanfaat. Dengan mengetahui cara membersihkan usus ayam dan ampela ati ayam ini, Anda dapat mengolahnya menjadi makanan yang Anda sukai. Anda tidak perlu membeli olahan jeroan usus atau ampela ayam di luaran, yang Anda tidak sendiri tahu bagaimana cara penjual membersihkannya.

Okay, terima kasih sudah mau berkunjung ke blog ini dan membaca tips sederhana cara membersihkan jeroan usus dan ampela ayam ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Daftar Istilah:

cara membersihkan usus ayam, alat pembersih usus ayam, cara membersihkan ati ampela, cara membelah usus ayam, cara membersihkan jeroan ayam, foto cara membersihkan jeroan ayam, Cara mudah membersihkan hati ampela, cara mengeluarkan isi perut ayam, cara mencuci usus ayam, cara membuang isi perut ayam yg sudah di potong, cara membersihkan usus ayam yang baik dan cepat, cara membersihkan usus ayam tanpa bau, cara membersihkan usus ayam dengan sangat cepat, cara membersihkan ayam isi, mesin pembersih usus ayam
Cara Membersihkan Usus dan Ampela Ayam dengan Cepat dan Mudah | Geulis | 4.5
error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!