2 Cara Membersihkan Usus Sapi dengan Cepat dan Mudah

Diposting pada


Cara membersihkan usus sapi | Bagi sebagian kita, makanan atau olahan yang terbuat dari usus sapi merupakan salah satu olahan yang sangat nikmat. Teksturnya yang lembut tapi kenyal itu memberikan cita rasa tersendiri bagi orang yang menyukainya.

Cara membersihkan usus sapi_tips mencuci usus sapi dengan mudah

Namun, hal yang menjadi masalah adalah karena tidak semua orang dapat membersihkan usus dari kotoran yang ada di dalamnya. Memang, membersihkan usus hingga benar-benar bersih dan siap diolah tidak semudah membersihkan daging ikan atau daging lainnya. Karena bentuknya seperti selang, maka kita punĀ  harus membersihkan bagian dalamnya. Inilah yang membuat sebagian kita malas membersihkannya.

Akan tetapi, jika kita sudah mengetahui cara membersihkannya, maka kita akan dapat membersihkan usus sapi dengan mudah. Nah, dalam artikel ini, saya akan membahas cara membersihkan usus sapi dengan mudah dan cepat, dan saya yakin semua orang dapat melakukannya.

Pada umumnya, membersihkan usus sapi (dan usus lainnya, seperti usus kuda, usus kambing, bahkan usus ayam) dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan pisau atau silet dan menggunakan selang. Berikut, akan diulas masing-masing kedua cara tersebut.

 

Membersihkan Usus Sapi dengan Pisau atau Silet

Membersihkan usus menggunakan pisau kecil atau bisa juga menggunakan silet merupakan cara lama yang tetap bagus untuk digunakan. Selain menggunakan pisau kecil atau silat, orang-orang zaman dahulu juga menggunakan sembilu, yaitu kulit bambu yang tajam.

Agar lebih mudah, cara kali ini akan menggunakan silet atau pisau kecil saja.

  1. Siapkan silet atau pisau kecil yang tajam. Sebab, kalau menggunakan pisau besar dikhawatirkan usus akan mudah terpotong.
  2. Carilah sungai, selokan, kali atau apa saja yang airnya mengalir agar saat membelah usus sapi, kotorannya langsung terbawa arus air.
  3. Jika tidak ada selokan atau kali, Anda dapat mencari tempat yang luas di sekitar rumah Anda dan menggunakan selang untuk mengalirkan air.
  4. Jika sudah siap, saatnya untuk membersihkan usus sapi. Carilah ujung usus yang sudah terpotong. Pegang ujung usus dengan tangan kiri dan masukkan silet atau pisang kecil ke lubang yang ada di ujung usus.
  5. Perlahan-lahan, dorong silet atau pisau kecil mengikuti lubang usus, sehingga usus terbelah dan kotorannya keluar. Lakukan hal ini sampai semua usus terbelah.
  6. Jika semua usus sudah terbelah, siram dengan air jika Anda menggunakan selang. Jika Anda membersihkannya di sungai atau kali, Anda tinggal menguceknya saja. Lakukan hingga bersih.
  7. Percikkan air jeruk nipis dan taburkan juga tepung tapioka ke atas usus, kemudian remas-remas hingga menyatu. Air jeruk nipis dan tepung tapioka digunakan untuk menghilangkan bau amis dan lendir pada usus.
  8. Bilas usus sapi dengan air bersih hingga usus benar-benar bersih. Ciri-ciri usus yang sudah bersih adalah warnanya yang berubah menjadi agar cerah.

Usus sudah benar-benar bersih dan siap untuk dimasak atau diolah.

 

Membersihkan Usus Sapi Menggunakan Selang Air

Cara yang kedua adalah menggunakan selang dan air. Pada cara ini, ada tidak lagi membutuhkan silet atau pisau kecil, kecuali hanya untuk memotongnya. Cara melakukannya adalah:

  1. Siapkan selang dengan ukuran dan semprotan air sedang.
  2. Masukkan ujung selang pada salah satu ujung usus sapi.
  3. Atur usus sapi sedemikian rupa sehingga air dapat mengalir dengan lancar melewati lubang usus sapi dan kotorannya keluar.
  4. Jika sudah siap, nyalakan keran atau pompa airnya (ingat, dengan kekuatan semprotan yang sedang), sehingga dapat mendorong keluar semua kotoran yang ada di dalam usus. Biar air tetap mengalir selama beberapa saat, hingga semua kotoran keluar.
  5. Untuk mempercepat proses pengeluaran kotoran, pilin-pilin usus sapi agar aliran air dan kotoran semakin lancar.
  6. Selama proses ini, Anda akan melihat warna usus perlahan-lahan berubah lebih cerah. Ini menandakan bahwa kotoran di dalam usus mulai menghilang dan usus mulai bersih.
  7. Setelah Anda yakin bahwa semua kotoran di dalam usus sudah keluar, percikkan air perasan jeruk nipis dan taburkan pula tepung tapioka ke atasnya. Remas-remas hingga air jeruk, tepung, dan usus menyatu.
  8. Bilas dengan air bersih dari selang sambil usus diremas-remas atau dikucek hingga benar-benar bersih.
  9. Jika Anda sudah yakin bahwa usus sapi sudah benar-benar bersih, Anda dapat menghentikannya. Dan, usus sapi sudah siap untuk dimasak atau diolah.

Nah, itu dia 2 cara membersihkan usus sapi dengan mudah dan cepat yang dapat saya sajikan ke hadapan Anda, pembaca setia blog ini. Keinginan Anda untuk dapat menikmati olahan usus sapi (dan usus hewan lainnya) yang diolah sendiri akan segera terwujud. Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Daftar Istilah:

cara membersihkan usus sapi, cara mengolah usus sapi, membersihkan usus sapi, cara membersihkan jeroan sapi, cara cepat membersihkan jeroan sapi, cara membersihkan jeroan, resep membersihkan usus sapi, gimana cara bersihkan usus sapi, membersihkan usus kambing, membersihkan usus sap, membersihkan:usus halus sapi, cara/membersihkan/usus sapi, cara nyuci usus sapi, cara mudah membersihkan usus sapi, usus sapi, Cara menghilangkan bau pada usus sapi, cara mencuci usus sapi, Cara mencuci usus jeroan sapi, cara membuat usus sapi tidak bau, cara membersihkan usus hewan