6 Cara Ini akan Membuat Rumah Anda Bersih dari Sampah

manajemen pengelolaan sampah rumah tangga agar bersihManajemen sampah rumah tangga | Setiap hari, aktivitas rumah tangga pasti menghasilkan sampah, baik sampah organik maupun nonorganik. Sampah dari aktivitas di dapur saja sudah menghasilkan jumlah yang tidak sedikit, misalnya dari daun dan batang sisa sayuran yang tak terpakai, kulit buah, kemasan pembungkus bumbu dan sayuran, sisa-sisa makanan basi tempo hari, dan lain sebagainya.

Agar kebersihan rumah dan kesehatan seluruh anggota keluarga Anda tetap terjaga, tentu harus ada manajemen pengelolaan sampah rumah tangga dengan baik. Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

 

1. Pasanglah Kantong Plastik di Tempat Sampah

Usahakan plastik menutup seluruh bibir tempat sampah, sehingga sampah tidak terlepas jatuh mengenai tempat sampah itu sendiri. Sebab, jika tempat sampah kotor, tentu akan menjadi pekerjaan tambahan bagi Anda untuk membersihkannya. Dengan memasang plastik seperti ini, ketika sampah penuh, Anda tinggal mengambil sekaligus dengan plastiknya. Lebih mudah dan praktis tanpa khawatir sampah berceceran. Untuk itulah, Anda juga harus memastikan jika plastik yang Anda gunakan tidak bocor atau sobek.

 

2. Pisahkan Sampah Organik dengan Anorganik

Lakukan pemisahan sampah berdasarkan jenisnya, organik atau anorganik, menggunakan tempat sampah yang berbeda. Sampah organik adalah sampah yang terbentuk dari zat-zat organik dan dapat diuraikan, misalnya daun, sisa sayuran, dan lain-lain. Sedangkan, sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari benda-benda yang tidak dapat diuraikan, misalnya plastik, kaleng, dan sebagainya. Dengan memisahkan sampah organik dan anorganik, Anda atau orang lain bisa mengolah sampah-sampah tersebut menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Misalnya, digunakan untuk membuat pupuk, tas, dan berbagai barang kerajinan lainnya.

 

3. Buanglah Sampah secara Rutin

Apabila sampah telah terlihat hampir penuh, segera ambil dan buang beserta plastiknya sekaligus, yang sebelumnya telah diikat. Jangan menunggu hingga sampah melimpah keluar dari tempat sampah. Jika terpaksa Anda belum sempat membuang sampah, untuk sampah basah, jangan biarkan lebih dari sehari. Sebab, jika lebih dari satu hari, biasanya akan muncul ulat di dalam tempat sampah dan menimbulkan bau busuk. Sangat menjijikkan, bukan? Karena itu, usahakan untuk membuang sampah setiap hari.

 

4. Ganti dengan Plastik Baru Segera setelah Sampah Dibuang

Segera setelah Anda mengambil sampah dari tempat sampah di rumah Anda, pasang plastik baru ke dalam tempat sampah agar dapat langsung menampung sampah yang baru.

 

5. Cucilah Tempat Sampah

Meski sudah dipasang plastik sehingga tempat sampah relatif bersih, bukan berarti Anda tidak perlu membersihkan tempat sampah sama sekali. Saat tempat sampah terlihat kotor, cucilah dengan air sabun. Di samping agar tampak bersih, pencucian ini juga bertujuan agar kuman penyakit tidak berkembang di dalam tempat sampah.

 

6. Terapkan Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Reduce berarti mengurangi sampah dengan meminimalkan pemakaian barang atau benda yang tidak terlalu dibutuhkan, misalnya dengan mengurangi penggunaan plastik. Reuse berarti memanfaatkan kembali barang yang sudah tidak terpakai. Sedangkan, recycle berarti mendaur ulang sampah. Dalam mendaur ulang sampah rumah tangga, ada tiga proses yang mesti Anda lakukan.

Pertama, memilah. Pilahlah sampah rumah tangga berdasarkan jenisnya dengan menyediakan tempat sampah yang berbeda untuk jenis sampah organik dan anorganik. Kedua, menggunakan kembali. Usai dipilah, carilah barang-barang yang sekiranya masih bisa digunakan kembali secara langsung. Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu barang-barang tersebut sebelum digunakan. Ketiga, lakukan daur ulang. Apabila Anda memang memiliki waktu luang dan keterampilan, tidak ada salahnya Anda melakukan proses daur ulang sendiri.

Dengan menerapkan prinsip 3R dalam pengelolaan sampah rumah tangga, dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan, bukan saja lingkungan di sekitar rumah Anda, namun juga bagi lingkungan sekitar yang lebih luas.

Daftar Istilah:

cara membersihkan kloset yang kotor, cara mengatur sampah, cara membuang sampah rumah tangga, bagaimana cara membuang sampah di sekitar perumahan, cara membersihkan sampah di rumah, cara membersihkan tempat sampah, cara mengatasi sampah rumah tangga, cara merawat tempat sampah, cara menjaga kebersihan rumah dari sampah basah dan sampah plastik, cara penanggulangan limbah rumah, trik agar tempat sampah tidak bocor, cara praktis membersihkan sampah daun, membersihkan cepat sampah daun, membersihkan sampah di skitar rumah, membuat tempat sampah dibelakang rumah, rumah bersih tidak ada sampah yang, setelah sampah di rumah penuh harus di buang di mana, Setelah sampah dr tmpat sampah organik penuh lalu di bw kemana, cara mengurangi sampah rumah tangga, cara menghilangkan sampah rumah tangga, bagaimana cara mengatasi sampa rumahtangga?, cara atur tempat sampah agar rumah tidak kotor, cara buang sampah tidak ada tempat di rumah, cara membersihkan sampah di belakang rumah, cara membersihkan sampah dirumah, cara membersihkan sampah kebun, cara membersihkan sampah rumah tangga, cara membersihkansampah didapur, cara membuat tong sampah dalam rumah, cara membuat tong sampah unik rumah tangga

Mungkin Anda juga menyukai

error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!