12 Cara Tepat Memilih Durian yang Bagus, Matang, dan Rasanya Manis

Diposting pada


Cara memilih durian | Pernah makan buah durian? Beeeh, selain aromanya yang mengundang selera makan, rasanya memang nampol banget, men. Ini buat yang suka saja. Kalau Anda tidak menyukainya, itu tidak masalah. Itu urusan Anda. Tetapi, cobalah sekali saja dalam hidup Anda untuk merasakan nikmatnya daging buah durian, maka Anda akan merasakan sensasinya. hehe

Gambar buah durian bagus matang rasanya enak

Memang benar, buah durian adalah buah tropis yang sangat digemari oleh banyak orang, terutama oleh mereka yang tinggal di daerah dengan iklim tropisnya. Tentu saja, seperti sudah dibilang di awal, selain aromanya yang khas, rasa dari buah durian memang sangat enak. Selain itu, buah durian juga mengandung banyak hal yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti sumber energi, kaya akan antioksidan, mengandung serat yang tinggi, asam animo esensial, dan masih banyak lainnya.

Kali ini, kita tidak akan membahas tentang manfaat buah durian bagi kesehatan, kita akan lebih konsentrasi pada cara memilih buah durian yang baik, matang, dan rasanya enak sekali. Masalah manfaatnya, kita akan membahasnya jika ada kesempatan yang lain.

Sebagaimana filosofi buah durian itu sendiri, meskipun daging buahnya sangat enak, tetapi kulit luarnya memiliki banyak duri. Ini menandakan bahwa siapa pun yang ingin menikmati buahnya yang enak tersebut, maka ia harus berjuang melewati duri-duri tersebut. Begitu juga, jika Anda ingin mendapatkan buah durian yang bagus, matang, dan dagingnya enak, maka Anda pun membutuhkan perjuangan itu. Jika Anda tidak melakukannya, bisa jadi Anda akan merasakan kekecewaan karena mendapatkan durian yang dagingnya terasa hambar, tidak ada enak-enaknya sama sekali.

Nah, Anda tidak ingin hal tersebut terjadi kepada Anda sendiri, bukan? Karena itu, sebelum Anda membeli buah durian, ada baiknya jika Anda mengetahui tips-tips memilih buah durian yang bagus, matang, dagingnya kering tapi empuk dan rasanya enak.

 

1.  Pilih durian yang bentuknya bulat

Pertama-tama, pilihlah buah durian yang bentuknya bulat penuh. Seperti ktia tahu, tidak semua buah durian itu bentuknya bulat penuh. Ada buah durian yang bentuknya lonjong, mengkerut sebelah, ada juga yang agak lebar tapi pendek.

Nah, jika Anda hendak membeli buah durian, maka pilihlah yang bentuknya bulat penuh. Sebab, buah durian yang bentuknya bulat menandakan bahwa buah tersebut memiliki daging yang banyak dan bagus. Hindari buah durian yang lonjong, karena biasanya buahnya sedikit. Begitu juga dengan buah durian yang mengkerut sebelah, karena dagingnya biasanya dagingnya hanya ada di bagian yang bagus saja.

 

2.  Jangan terpaku pada warna kulitnya

Buah durian banyak variannya, begitu juga dengan kulitnya. Buah durian memiliki warna kulit yang beragam, mulai dari yang berwarna kecokelatan, kekuningan, ada juga yang hijau. Warna-warna tersebut tidak selalu mewakili rasa dagingnya.

Mungkin selama ini kita mengira bahwa buah durian yang berwarna kuning sudah matang, padahal tidak selalu demikian. Begitu juga, buah durian yang berwarna hijau bukan berarti masih muda dan belum matang.

Karena itu, jangan terpaku pada warna kulitnya saja, tapi coba padukan dengan tips-tips lainnya.

 

3.  Perhatikan tangkainya

Tangkai buah durian dapat menentukan tipis dan tebalnya daging di dalamnya. Secara umum, tangkai durian yang pendek dan besar menunjukkan bahwa daging buah tersebut tebal dan bagus. Sebaliknya, tangkai yang panjang dan kecil menandakan bahwa daging buahnya tipis dan sedikit.

Jika ternyata tangkainya sudah dipotong terlebih dahulu oleh penjualnya, baik untuk mengelabui pembeli atau tujuan lainnya, maka Anda dapat memperhatikan ciri-ciri yang lainnya. Sebab, tangkai hanya salah satu ciri dalam memilih buah durian yang bagus.

 

4.  Pilih buah yang berduri pendek dan jarang

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membeli buah durian adalah durinya. Jika Anda ingin membeli buah durian yang dagingnya tebal dan bagus, maka pilihlah buah yang durinya pendek. Akan lebih bagus lagi jika Anda bisa mendapatkan buah durian yang memiliki duri pendek dan tingkat kerapatan durinya jarang-jarang.

 

5.  Pilih durian berjuring lima

Jika diperhatikan, buah durian memiliki ruang tempat biji dan daging berada. Ruang ini biasa disebut dengan juring. Idealnya, buah durian yang baik dan bagus memiliki lima juring. Kebanyakan durian yang berjuring lima biasanya dagingnya bagus, tebal, dan rasanya enak.

Untuk mengetahui jumlah juring pada buah durian, Anda dapat melihat permukaan luar dari kulit durian. Agar lebih jelas, coba jauhkan sedikit buah durian tersebut dari jarak pandang Anda, maka Anda akan melihat ada garis-garis agak samar yang membatasi setiap juring pada buah durian.

 

6.  Pilih durian yang suaranya kecil saat dipukul

Jika Anda sudah mendapatkan buah durian yang berbentuk bulat, tangkainya pendek, juga berjuring lima, tak ada salahnya jika Anda menepuk atau memukul buah durian tersebut dengan pisau atau benda lainnya. Atau, mintalah penjual untuk melakukannya untuk Anda, dan dengarkan bunyinya.

Jika bunyi yang terdengar cukup nyaring, maka tinggalkanlah, karena buah tersebut belum matang dan kurang enak dimakan. Sebaliknya, jika bunyinya kecil dan seolah teredam suaranya, maka hal tersebut menunjukkan bahwa buah itu sudah matang dan siap untuk dimakan.

 

7.  Hindari memilih buah durian yang telah terbuka

Saat melihat buah durian yang kulitnya terbuka dan daging di dalamnya terlihat, kebanyakan pembeli akan langsung memilih buah tersebut. Padahal buat yang sudah terbuka kulitnya tidak lebih bagus dari buah durian lainnya yang masih utuh. Sekadar informasi, buah durian yang sudah terbuka kulitnya, dagingnya sudah terkena angin sehingga rasa daging buahnya menjadi hambar.

Nah, untuk mendapatkan daging buah durian yang rasanya enak dan segar, hindari memilih durian yang sudah terbuka kulitnya. Jika Anda sudah mengetahui cara memilih buah durian yang baik, maka Anda akan mendapatkan buah durian yang lebih bagus, matang, dan rasanya lebih enak serta lebih segar. Jika Anda belum mengetahui caranya, silakan baca artikel ini sampai selesai terlebih dahulu, barulah Anda membeli buah durian.

 

8.  Pilih yang aromanya harum

Saat melewati penjual buah durian, mungkin Anda mencium aroma buah durian yang sangat khas dan kuat. Aroma tersebut biasanya keluar dari buah durian yang benar-benar sudah matang.

Jadi, saat hendak membeli buah durian, selain memperhatikan bentuk fisiknya, Anda juga harus memperhatikan aromanya. Buah durian yang benar-benar matang dan rasanya manis biasanya mengeluarkan aroma yang harum meskipun kulitnya belum dibuka.

 

9.  Pilih durian yang ringan

Sebelum memilih satu buah durian, cobalah ambil dua atau lebih dengan ukuran yang relatif sama, angkat satu per satu, dan bandingkan beratnya. Kemudian, ambillah buah yang paling ringan bobotnya.

Buah durian yang bobotnya lebih ringan biasanya daging buahnya lebih banyak dibandingkan dengan yang bobotnya lebih berat. Sebab, buah durian yang berat bobotnya masih mengandung banyak air dan rasanya kurang enak pula.

 

10.  Tidak ada lubang

Saat hendak membeli durian, pastikan bahwa Anda tidak menemukan lubang di bagian kulit durian. Sebab, adanya lubang pada kulit durian menandakan bahwa durian tersebut sudah pernah dihinggapi ulat. Seperti kita tahu, ulat dapat merusak kualitas buah, baik bentuk maupun rasanya. Karena itu, jika Anda menemukan buah durian yang ada lubangnya, letakkan kembali buah tersebut dan carilah buah durian yang lainnya.

 

11.  Goyang perlahan

Coba ambil satu buah durian yang bagus menurut Anda, kemudian goyang-goyang buah durian tersebut seperti orang yang mengocok suatu barang, kemudian rasakan apakah merasakan getaran kecil atau mendengar suara seperti ada barang di dalamnya, itu pertanda bahwa daging buah durian tersebut sudah matang. Sebaliknya, jika Anda tidak mendengarkan apa-apa, ini menandakan bahwa daging durian masih lembab dan biasanya kurang matang serta rasanya juga kurang enak.

 

12.  Perhatikan musimnya

Saat membeli durian hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah musimnya. Saat musim hujan biasanya daging dari buah durian tidak terlalu manis. Jadi sebaiknya kamu menikmati buah durian di musim panas atau kemarau. Karena di musim ini daging buah durian terasa lebih manis.

Daftar Istilah:

Durian manis