Cara Memperbaiki Lantai Kamar Mandi yang Bocor

lantai kamar mandi bocor

lantai kamar mandi bocor | via Angies list

Cara Memperbaiki lantai kamar mandi yang bocor | Lantai kamar mandi yang bocor menyebabkan air merembes. Apabila hunian terdiri dari dua lantai atau lebih, tentunya kebocoran ini akan sangat mengganggu bagi para penghuninya yang menempati kamar yang berada di bawahnya.

Bagaimana kebocoran ini bisa terjadi? Kebocoran pada lantai kamar mandi biasanya disebabkan oleh lapisan nat keramik yang keropos karena terkikis oleh air yang terus-menerus. Namun, jika kamar mandi Anda masih terbilang baru untuk dapat mengalami keropos karena usia, kemungkinan penyebabnya terletak pada cara Anda membersihkannya. Barangkali, cairan pembersih yang Anda gunakan terlalu keras, sehingga mengikis lapisan nat dan menyebabkan adanya celah. Atau, bisa juga disebabkan oleh cara pemasangan keramik yang memang kurang tepat.

 

Tips Mengatasi Lantai Kamar Mandir yang Bocor

Lalu, bagaimana cara mengatasi kebocoran ini? Anda tak perlu khawatir, berikut diberikan langkah-langkah penyelesaiannya:

  1. Pertama-tama, harus diketahui secara pasti apakah keramik tersebut menempel secara baik atau tidak, dengan cara lantai diinjak disertai sedikit tekanan atau diketuk. Jika lantai tidak bergerak saat diinjak, atau tidak berbunyi saat diketuk, berarti keramik Anda masih menempel dengan baik pada lantai. Namun, jika berbunyi nyaring, berarti terdapat celah atau rongga kosong pada lantai dan lantai sudah tidak menempel dengan baik. Jika ini terjadi, maka tidak ada jalan lain selain membongkarnya.
  2. Apabila Anda memutuskan untuk membongkar lantai, lakukan pembongkaran secara rapi. Lepaskan lantai keramik yang rusak secara hati-hati agar keramik yang masih utuh tidak ikut terlepas. Korek nat dengan benda tajam, setelah itu lepaskan atau pecahkan pasangan lantai sampai ke dasar.
  3. Usai pembongkaran, jangan lupa untuk membersihkan area lantai yang akan diperbaiki. Hal ini dilakukan agar pelapis kedap air, perekat keramik, dan pengisi nat keramik dapat menempel dengan sempurna.
  4. Setelah lantai keramik dibongkar dan dibersihkan, kuaskan semen pelapis kedap air untuk mencegah terjadinya kebocoran pada lantai kamar mandi, dan diamkan sampai mengering. Untuk merekatkan keramik pada lantai kamar mandi, gunakan perekat keramik yang memang ditujukan untuk area basah.
  5. Selanjutnya, pastikan Anda menutup setiap celah antarkeramik dengan semen pengisi nat keramik. Setelah lapisan pengisi nat kering, bersihkan sisa pengisi nat berlebih pada permukaan keramik dengan lap basah dan air sabun.

Begitulah cara memperbaiki lantai kamar mandi yang bocor yang bisa saya posting kali ini. Meski sangat sederhana, tapi saya tetap berharap dapat memberikan manfaat kepada pembaca sekalian. Bagaimanapun, lantai kamar mandi yang bocor, tetap saja menjadi masalah, yang jika tidak diperbaiki/diatasi dapat mengundang masalah-masalah lainnya. Jadi, jika Anda mendapati lantai kamar mandi Anda bermasalah, Anda dapat mengatasinya dengan cara-cara yang telah saya posting di atas: cara memperbaiki lantai kamar mandi yang bocor.

Daftar Istilah:

cara menambal nat keramik yang bocor, cara menambal bak mandi keramik, kamar mandi bocor, cara menambal bak mandi keramik yang bocor, bak mandi bocor, cara mengatasi kamar mandi bocor, nat keramik kamar mandi, cara menambal bak mandi bocor, cara mengatasi bak mandi bocor, mengatasi bak mandi bocor, mengatasi kamar mandi bocor, cara mengatasi lantai kamar mandi bocor, cara menambal kamar mandi bocor, cara mengatasi bak mandi keramik yang bocor, nat kamar mandi bocor, bak mandi bocor terus, pelapis bak mandi bocor, cara memperbaiki bak mandi bocor, cara menambal lantai kamar mandi, cara menambal bak mandi yang bocor, cara mengatasi rembesan air di lantai, nat kamar mandi, cara menambal bak mandi, menambal bak mandi keramik yang bocor, cara menambal bak mandi keramik bocor, atasi kamar mandi bocor, cara menambal bak kamar mandi, mengatasi lantai kamar mandi bocor, cara menutup nat keramik, cara memperbaiki bak mandi keramik yang bocor



One Response

  1. Inayatun Nafiah

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!