Beginilah Cara Mengeringkan Pakaian yang Harus Kamu Ketahui

Diposting pada


Cara menjemur atau mengeringkan pakaian | cara menjemur mengeringkan pakaian yang baik benarPada postingan sebelumnya, sudah dijelaskan bagaimana cara mencuci pakaian agar tetap awet, bersih, dan menarik. Namun, mencuci pakaian dengan cermat hanya merupakan satu bagian dari proses. Agar terlihat bersih, terasa lembut, dan wangi, pakaian juga harus dikeringkan, disetrika, dan disimpan dengan benar.

Mengeringkan pakaian dengan benar dapat mempengaruhi tampilan dan kelembutan pakaian saat dikenakan. Menjemur atau mengeringkan pakaian, mungkin semua orang dapat melakukannya. Namun, yang tidak semua orang ketahui adalah mengeringkan pakaian dengan baik dan benar agar pakaian kering sesuai dengan harapan.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengeringkan pakaian yang harus Anda ketahui, utamanya bagi para ibu rumah tangga.

  1. Segera keringkan/jemur pakaian setelah selesai dicuci. Hal ini untuk membantu mengurangi kusut dan memudahkan saat menyetrika.
  2. Setiap jenis kain memiliki perlakuan yang berbeda dalam pengeringannya. Berikut cara mengeringkan pakaian berdasarkan jenis kainnya:
    a. Bahan yang halus. Lihat label cara penanganan yang terdapat pada pakaian untuk mengetahui bahan tersebut dapat dikeringkan dengan pengering, harus dijemur, atau dikeringkan secara mendatar.b. Katun dan linen. Keringkan dengan pengaturan panas pada pengering di mesin cuci, atau dijemur di bawah sinar matahari.

    c. Rajutan akrilik: Keringkan dengan meletakkan secara mendatar. Jangan terkena panas secara langsung, kecuali disarankan sebaliknya oleh label cara penanganan yang terdapat pada pakaian.

    d. Wol. Bentuk wol dapat berubah apabila digantung. Karena itu, keringkan secara mendatar, baik di atas permukaan pengering khusus ataupun di atas meja yang telah dilapisi handuk. Jauhkan dari sumber panas atau sinar matahari yang kuat karena dapat menyebabkan wol menguning.

  3. Jika Anda menjemur di luar, perlu diingat bahwa sinar matahari dapat memudarkan warna. Karena itu, keringkan pakaian berwarna terang/gelap di tempat terlindung atau bila mungkin, balikkan pakaian.
  4. Jika Anda mengeringkan dengan mesin, lihatlah label cara penanganan yang terdapat pada pakaian untuk mengetahui petunjuk khusus. Pakaian tertentu tidak boleh dikeringkan dengan mesin dan harus dijemur atau dikeringkan secara mendatar.

Cukup mudah, bukan? Saya yakin, Anda pun pasti bisa melakukannya. Anda tidak perlu membayar atau menyewa orang lain untuk mendapatkan pakaian Anda tetap bersih, lembut, dan wangi. Yang diperlukan hanyalah meluangkan waktu dan kemauan untuk melakukannya.

Itulah cara mengeringkan pakaian agar tetap bersih, lembut, dan wangi. Sehingga, saat mengenakannya, Anda merasa nyaman dan percaya diri. Semoga bermanfaat. Dan, terima kasih, Anda telah mau share artikel ini untuk diketahui oleh lebih banyak orang lain.

Daftar Istilah:

mengeringkan baju apakah awet?, cara mengeringkan baju di mesin cuci, cara mengeringkan pakaian di mesin cuci, cara keringkan pakaian di mesin