6 Cara Cepat dan Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah

cara cepat ampuh mengusir tikusCara mengusir tikus dari rumah | Salah satu jenis binatang pengganggu yang kerap berseliweran di dalam rumah, sehingga mengurangi tingkat kenyamanan bagi para penghuninya. Tikus-tikus itu tidak saja mencuri makanan, tetapi juga kerap merusak perabotan rumah, seperti sofa, lemari, karpet, gorden, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, binatang pengerat ini membawa bibit penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena itulah, Anda harus senantiasa menjaga kebersihan rumah Anda agar terhindar dari serangan tikus. Namun demikian, meskipun rumah sudah bersih, terkadang tikus tetap saja masuk ke rumah, karena lingkungan di sekitar rumah Anda atau tetangga Anda belum sepenuhnya bersih. Jika ini yang terjadi, lantas apa yang harus dilakukan? Berikut beberapa cara untuk mengusir tikus dari rumah Anda.

 

1.  Periksa Setiap Sudut, Lubang, atau Bagian yang Rusak di Dalam/Luar Rumah

Tahukah Anda jika ternyata tikus mampu menyesuaikan ukuran badannya sehingga bisa masuk sehingga bisa masuk ke dalam lubang seukuran pensil? Demikianlah hasil penelitian yang disampaikan oleh Minnesota Nuisance Wildlife Control. Karena itu, perbaikilah setiap lubang, baik yang besar maupun kecil, yang berpotensi sebagai jalan masuknya tikus ke rumah Anda.

 

2.  Tutup Semua Ventilasi Luar

Tutuplah semua ventilasi yang menghubungkan dengan rumah bagian luar, seperti lubang AC atau lubang pembuangan air di kamar mandi. Hal ini untuk mencegah tikus masuk ke rumah.

 

3.  Sediakan Perangkap Tikus

Untuk menangkap tikus, sediakan perangkap tikus dalam bentuk apa pun, bisa menggunakan lem tikus, kandang tikus, atau racun tikus di rumah Anda. Taruh perangkap tersebut di temapt-tempat yang sering dilalui tikus, seperti di bawah wastafel, di dalam laci, atau di samping saluran air kamar mandi. Sebagai umpan, pasanglah makanan yang disukai tikus, seperti keju, kacang, atau ikan asin.

 

4.  Semprotlah dengan Cairan Pengusir Tikus

Semprotkan cairan pengusir tikus di setiap lubang atau pintu. Untuk mendapatkan cairan pengusir tikus ini, Anda bisa membelinya di toko. Atau, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, campur satu sendok teh minyak peppermint dan tiga cangkir air hangat, masukkan ke dalam botol semprot. Kocok-kocok hingga tercampur rata, lalu gunakan untuk menyemprot area-area yang kerap dijadikan pintu masuk tikus ke rumah Anda.

 

5.  Hindari Menaruh Barang yang Bisa Menjadi Tempat Persembunyian Tikus

Jangan menaruh barang-barang yang mungkin bisa menjadi tempat persembunyian tikus, misalnya tumpukan pakaian usang, majalah, kaleng atau botol bekas yang terbuka, dan tempat sampah. Bersihkan rumah sesering mungkin. Tutup dan simpan rapat semua makanan. Jangan biarkan sisa-sisa makanan tercecer, karena itu akan mengundang tikus ke rumah.

 

6.  Peliharalah Jangkrik, Kucing, atau Ular

Tips ini mungkin bisa menjadi alternatif Anda selain tips-tips yang telah disampaikan di atas. Memelihara jangkrik dan kucing mungkin masih wajar untuk dilakukan. Akan tetapi, memelihara ular mungkin sedikit ekstrem dan hanya sebagian orang saja yang berani melakukannya. Namun demikian, tidak ada salahnya Anda mencoba tips ini. Aroma kucing betina beserta kotorannya dapat membuat tikus enggan masuk ke rumah. Demikian juga dengan suara jangkrik dan kulit ular, memiliki efek yang sama.

Daftar Istilah:

agar rumah terhindar dari tikus, cara mengusir tikus di lubang wc, cara mengusir tikus dari kloset, cara membunuh tikus dalam wc, cara agar rumah terhindar dari tikus, tikus masuk lubang wc, mengusir tikus dari lubang wc, tikus masuk kloset, cara mengatasi tikus dalam kloset, cara mengusir tikus yang keluar dari wc, cara menutup lubang tikus, cara meracuni tikus di dalam wc, cara mengusir tikus di dalam paralon, cara mengusir tikus dari lubang wc, cara mengusir tikus dari lubang, cara menghindari tikus di lubang wc, cara menghentikan tikus masuk melalui lubang wc, cara membasmi tikus got di toilet, cara mematikan tikus dalam wc, Basmi tikus di saluran kmr mandi
6 Cara Cepat dan Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah | Geulis | 4.5
error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!