Cara Menyimpan Bumbu Dapur agar Tetap Bagus

Menyimpan bumbu dapurCara menyimpan bumbu dapur | Kunci kelezatan suatu masakan terletak pada keahlian dari sang juru masak dalam mengolah bahan mentah menjadi hidangan yang bercita rasa tinggi. Selain itu, bumbu-bumbu yang digunakan juga menjadi faktor utama yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dengan kata lain, bumbu dapur merupakan komponen penting dalam menciptakan rasa masakan yang sempurna. Tanpa racikan bumbu yang tepat, tentu sebuah masakan tidak akan terasa nikmat. Salah satu saja bumbu yang kurang, seakan-akan ada rasa yang hilang dari masakan tersebut. Tak hanya itu, satu masakan yang dibumbui dengan bumbu yang tidak baik, bosok, tentu rasanya juga tidak sesuai yang diinginkan.

Karena itu, cara penyimpanannya juga harus diperhatikan agar aroma dan manfaatnya tetap terjaga.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan penyimpanan bumbu dapur di rumah Anda:

  1. Daun kering, seperti daun salam, daun jeruk, dan daun serai, disimpan di lemari penyimpanan yang tidak lembab, bukan di kulkas.
  2. Bumbu (empon-empon), seperti kunyit, jahe, lengkuas, kencur, dan sejenisnya, disimpan dengan dibungkus menggunakan kertas lalu dimasukkan ke plastik, baru kemudian disimpan di kulkas.
  3. Daun segar, seperti daun bawang, daun salam segar, daun jeruk segar, seledri, dan sejenisnya, dibungkus dengan kertas lalu dimasukkan ke plastik baru kemudian disimpan di kulkas.
  4. Bawang putih dan bawang merah sebaiknya disimpan di udara terbuka. Sebab, apabila dibungkus, justru akan menyebabkan bawang menjadi lembab dan berjamur sehingga mudah membusuk. Jika Anda membeli bawang secara gerombol (bukan pipilan), sebaiknya digantung di plafon.

Kesehatan dan kesegaran bumbu salah satunya ditentukan oleh di mana dan seberapa tepat Anda menyimpannya. Bumbu yang awalnya baik-baiknya saja, akan cepat bosok jika disimpan di tempat yang salah. Karena itu, agar bumbu dapur Anda tetap awet, baik, dan Anda tidak perlu buru-buru membeli bumbu yang baru, Anda sebaiknya memperhatikan cara menyimpang bumbu dapur Anda. Semakin baik Anda menyimpannya, semakin ia bermanfaat buat Anda. selamat mencoba.

Itulah cara menyimpan bumbu dapur yang bisa saya sajikan buat Anda. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih.

Daftar Istilah:

cara menyimpan lengkuas, cara menyimpan daun jeruk agar awet, cara menyimpan bumbu dapur, cara menyimpan daun jeruk, cara menyimpan bumbu dapur dalam kulkas, cara menyimpan kunyit, cara menyimpan jahe kunyit lengkuas, cara menyimpan daun bawang di kulkas, cara menyimpan daun bawang, cara menyimpan daun salam, tempat menyimpan bumbu dapur, cara menyimpan daun bawang agar awet, cara menyimpan laos, cara menyimpan bumbu dapur agar awet, cara menyimpan bumbu, cara menyimpan empon empon, tips menyimpan bumbu dapur, cara penyimpanan bumbu, cara membuat bumbu masakan dan menyimpannya, cara menyimpan daun salam dan daun jeruk, cara mengawetkan daun salam, cara menyimpan seledri dan daun bawang, cara menyimpan kunyit agar tahan lama, cara menyimpan kencur agar tahan lama, cara menyimpan bumbu dapur di kulkas, tips menyimpan lengkuas, cara mengawetkan kunyit, cara mengawetkan daun jeruk, cara menyimpan bumbu dapur agar tahan lama, cara penyimpanan bumbu dan rempah



error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!