Merawat dan Membersihkan Kompor Gas agar Awet Apinya Biru

Merawat dan Membersihkan Kompor Gas agar Awet dan apinya menyala biruMerawat dan membersihkan kompor gas | Kini hampir semua rumah tangga menggunakan kompor gas untuk memasak. Jenis kompor gas ini banyak macamnya, ada yang portable, ada yang memiliki satu atau dua tungku, dan ada pula yang berupa satu unit lengkap dengan ovennya. Namun, yang paling banyak digunakan saat ini adalah kompor gas dengan saluran selang yang dihubungkan dengan tabung gas. Pilihan jenis kompor ini tentu tergantung pada kebutuhan dan kemampuan ekonomi keluarga.

Meskipun kompor gas cenderung bersih dan praktis dalam pemakaiannya dibandingkan kompor minyak tanah, tetap saja membutuhkan perawatan yang tepat dan rutin agar tetap awet, apinya menyala biru, serta penampilan fisiknya tetap menarik. Dengan membersihkan kompor gas secara rutin, selain awet, kompor gas juga lebih optimal dalam menghasilkan panas, sehingga bisa mempercepat pekerjaan dapur Anda.

Bagian kompor yang paling penting adalah tungku yang merupakan alat untuk mengeluarkan api. Agar nyala api tetap biru, usahakan agar permukaan dan bagian cerukan tungku ini selalu bersih. Warna api yang sudah mulai kemerahan menandakan ada kotoran yang menyumbat aliran api. Begitu pun apabila nyala api sudah mulai mengecil, pertanda ada aliran gas yang terhambat di dalamnya. Jika hal ini terjadi, tungku harus segera dibersihkan. Berikut adalah langkah-langkah pengerjaannya:

  1. Lepaskan bagian kompor mulai dari selang gas, kepala tungku api, corong api (burner), pemantik api, hingga tombol kompor.
  2. Untuk melepas selang gas, cabutlah terlebih dahulu kepala selang (regulator) yang terpasang pada tabung gas dan bagian belakang kompor. Setelah itu, bersihkan seluruh permukaan selang tersebut menggunakan lap basah untuk mengetahui ada atau tidaknya kebocoran atau retak pada selang.
  3. Untuk membersihkan tungku, lepaskan penutup besinya (jika ada), kemudian lap dengan kain lembab sampai bersih. Lap juga bagian cerukan tungku. Apabila lapisan bergeriginya bisa dilepas, maka lepaskan dan tusuk lubang dengan jarum atau sikat menggunakan sikat plastik secara perlahan agar kotoran yang ada di dalam lubang bisa keluar. Sebab, kotoran inilah yang bisa menyebabkan nyala api biru menjadi merah. Jika perlu, rendam ke dalam air cuka secukupnya selama 1 jam agar tampilan kepala tungku berwarna kuning mengkilat.
  4. Corong api (burner) biasanya terbuat dari tembaga atau kuningan dan mudah sekali menjadi hitam serta berkarat. Untuk membersihkannya, lepaskan kawat pengikat corong api dari kompor lalu rendam ke dalam larutan asam sitrat (dibuat dengan melarutkan satu sendok makan asam sitrat ke dalam satu gelas air panas) selama 2–4 jam. Setelah itu, sikat hingga warna asli burner muncul kembali kemudian bilas dengan air bersih.
  5. Apabila kompor terbuat dari stainless steel, bersihkan menggunakan lap kering. Jika ada bekas makanan yang menempel dapat dibersihkan dengan lap yang dicelupkan ke dalam air sabun. Setelah noda menghilang, bersihkan kembali dengan lap kering.
  6. Untuk mencegah kebocoran gas, pastikan selang yang menyalurkan gas dari tabung ke pipa kompor masuk sedalam mungkin. Pastikan juga selang gas jauh dari permukaan panas, tidak dalam posisi tertekuk, dan permukaan luar selang tidak terlihat retak-retak yang bisa memungkinkan terjadinya kebocoran gas.
  7. Periksa secara rutin regulator yang berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung LPG. Pastikan regulator terpasang dengan benar. Tekanan yang ideal untuk kompor ada pada posisi low pressure. Hindari tekanan yang melebihi kekuatan tabung karena berisiko terjadi ledakan.
  8. Jangan sekali-sekali menyalakan kompor jika tidak ada alat memasak di atasnya. Meskipun Anda hanya meninggalkan api selama 5 detik tanpa alat memasak di atasnya, hal tersebut bisa memunculkan bau gas dan ini berpotensi menimbulkan bahaya.
  9. Setiap kali selesai memasak, selalu bersihkan bagian badan atau bodi kompor menggunakan lap kering. Jangan tunggu sampai kotoran mengerak karena akan semakin sulit dibersihkan. Bila ada minyak yang menempel, lap dengan kertas bekas, baru kemudian dengan kain kering. Jika ada bekas makanan yang menempel, bersihkan dengan lap basah diberi sabun, lalu bersihkan kembali menggunakan lap kering.
  10. Bersihkan tombol kompor dengan kain atau busa kering dari kotoran dan minyak yang menempel.
  11. Untuk membersihkan tabung gas, cukup cuci dengan sabun cuci biasa dan bilas sampai bersih.

Ini itu dia sekadar tips merawat dan membersihkan kompor gas agar awet dan apinya menyala biru. Tips ini benar-benar bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan dan membuktikannya sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Daftar Istilah:

cara membersihkan kompor gas, cara merawat kompor gas, cara membersihkan kompor, cara memperbaiki kompor gas api merah, cara membersihkan kompor gas yang apinya merah, cara membersihkan kompor gas rinnai, membersihkan kompor gas, cara memperbaiki kompor gas rinnai, cara memperbaiki kompor gas yang apinya kecil, cara memperbaiki kompor gas quantum, cara memperbaiki kompor gas, api kompor gas merah, cara servis kompor gas, cara membersihkan tungku kompor gas, tips membersihkan kompor gas, cara membersihkan kompor gas quantum, cara bersihkan kompor gas, cara service kompor gas, perawatan kompor gas, kompor gas apinya merah, cara membersihkan kompor gas berkarat, Merawat Kompor gas, cara service kompor gas rinnai, kompor gas api merah, penyebab api kompor gas merah, memperbaiki kompor gas, kenapa kompor gas apinya merah, cara perawatan kompor gas, penyebab api kompor gas berwarna merah, penyebab kompor gas apinya merah



error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!