Cara Merawat dan Membersihkan Microwave agar Awet

Diposting pada


gambar merawat dan membersihkan microwaveMerawat dan membersihkan microwave | icrowave kini menjadi salah satu perabotan yang harus ada di dapur. Namun, sering kali kita kurang cermat dalam merawatnya. Padahal, awet atau tidaknya perabotan tergantung pada perawatannya. Dengan perawatan yang rutin dan tepat akan dapat memperpanjang masa pakainya. Dan, inilah beberapa hal yang perlu Anda cermati dalam menggunakan dan merawat microwave.

Tips Merawat Microwave agar Tetap Awet

Supaya bau hasil memasak tidak mengendap di dalam ruang pemasak, jangan lupa membersihkan bagian dalam ruang unit microwave setiap kali selesai menggunakannya. Sisa makanan yang tumpah atau menempel pada bagian dalam microwave bisa menyerap energi panas yang dikeluarkan saat microwave beroperasi, sehingga sisa makanan tersebut bisa terbakar dan menimbulkan kerusakan pada microwave.

  1. Untuk membersihkan sisa makanan yang menempel, letakkan mangkuk berisi air panas yang sudah ditambahkan irisan jeruk lemon. Panaskan air irisan jeruk lemon tersebut ke dalam microwave selama beberapa menit. Uap dari air lemon tersebut akan melunakkan sisa makanan yang menempel sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, microwave pun akan mengeluarkan aroma lemon yang segar. Selanjutnya, usap dengan kain kering.
  2. Apabila microwave mengeluarkan bau yang tidak sedap, bersihkan dengan batang serai, serbuk vanili, dan air jeruk nipis. Caranya, tempatkan ketiga bahan tersebut ke dalam mangkuk, lalu masukkan ke dalam microwave dan nyalakan microwave dengan kekuatan penuh selama 30–60 detik. Uap dari batang serai, serbuk vanili, dan air jeruk nipis akan menyerap bau tak sedap itu.

Tips Menggunakan Microwave secara Tepat

  1. Microwave adalah alat memasak yang menggunakan gelombang mikro oleh magnetron. Karena itu, Anda tidak diperkenankan memasak menggunakan panci atau piring yang terbuat dari logam besi atau aluminium. Penggunaan alat yang terbuat dari logam bisa mengakibatkan gelombang microwave dari magnetron terpantul dan tidak mengarah, sehingga membuat proses memasak menjadi tidak sempurna serta bisa memantik percikan api. Gunakan wadah makanan yang sesuai diaplikasikan dengan microwave. Biasanya adalah wadah berbahan kaca, kayu, tembikar, melamin, plastik yang bertanda aman microwave, dan pyrex.
  2. Lakukan pengecekan kekuatan panasnya sebelum memulai mengolah makanan dengan microwave.
  3. Bahan makanan yang mudah dimasak dengan microwave adalah bahan yang banyak mengandung air. Sementara, bahan yang sedikit atau tidak mengandung air sangat sulit untuk dimasak menggunakan microwave.
  4. Pastikan pintu microwave dapat tertutup dengan sempurna. Apabila rusak, segera perbaiki. Pintu microwave yang tidak tertutup sempurna akan menyebabkan energi yang dikeluarkan lebih boros, karena energi panas yang seharusnya berada di dalam microwave akan keluar melewati pintu itu.
  5. Hindari menyalakan microwave tanpa ada makanan di dalamnya. Bila tidak ada makanan yang menyerap energi panas, energi yang dikeluarkan oleh microwave akan kembali ke dalam microwave dan menimbulkan kerusakan.
  6. Hindari kemungkinan tersengat listrik. Jauhkan microwave dari kabel-kabel listrik atau sakelar yang kondisinya terbuka. Sebaiknya matikan microwave dan cabut dari stop kontak setiap kali selesai menggunakannya. Jauhkan pula dari air atau bahan yang basah seperti lap.
  7. Jangan memanaskan makanan dengan microwave terlalu lama. Sesuaikan dengan jenis makanan yang dimasak. Sayuran hendaknya dipanaskan dalam waktu 10–15 menit agar kandungan nutrisinya tidak hilang.
  8. Bila sekadar menghangatkan makanan ringan, sebaiknya cukup 1–2 menit saja agar tidak boros listrik.
  9. Hindari memanaskan cairan lebih dari 2 menit, sebab cairan yang mengalami pemanasan terlalu tinggi akan muncrat saat dipindahkan atau ketika ada benda lain dimasukkan, misalnya sendok. Kalau terpaksa menggunakan microwave, diamkan cairan tersebut sekitar 30 detik sebelum dipindah atau ditambah benda lain.

Itulah cara merawat dan membersihkan microwave agar awet dan tetap bisa dipakai dalam waktu yang sangat lama. Kalau kita bisa merawat dan menggunakan microwave dalam waktu yang lama, kenapa tidak kita lakukan? kenapa kita lebih memilih membeli yang baru? Bukankah itu buang-buang uang saja?

 

Daftar Istilah:

cara pembersihan dan perawatan microwave, cara perawatan dan pembersihan microwave