Cara Merawat Sepatu Agar Tetap Awet dan Dapat Dipakai Sampai Bosan

Diposting pada


Merawat sepatu memerlukan trik khusus, karena sepatu terbuat dari bahan yang berbeda-beda dan dengan ketahanan yang berlainan pula. Namun, Anda tidak perlu khawatir, dengan sedikit pengetahuan, Anda akan dapat merawat sepatu Anda dengan baik sehingga sepatu tidak akan cepat rusak, tetap awet, dan bisa dipakai sampai bosan.

Cara merawat sepatu awet

Karena itu, Anda perlu menyimak tips-tips berikut agar sepatu kesayangan Anda awet dan masih terus bisa Anda pakai.

  1. Jika sepatu Anda terbuat dari kulit, bersihkan kotoran yang menempel menggunakan lap basah, lalu keringkan. Setelah kering, semir dengan semir cair atau padat, kemudian sikat dengan sikat sepatu sampai mengkilap dan jemur selama satu jam. Usai dijemur, masukkan sepatu ke kantong sepatu yang terbuat dari kain. Akan tetapi, jika sepatu sering Anda gunakan, sebaiknya taruh di rak sepatu.
  2. Sepatu yang terbuat dari kain bisa disikat dengan sikat pakaian dan dicuci dengan detergen. Untuk mengeringkannya, jemur di bawah terik matahari agar sepatu tidak cepat berjamur.
  3. Untuk mencegah sepatu terkena jamur, jemur sepatu seminggu sekali atau bisa juga disimpan di kotak sepatu yang telah ditaruh kantong silica gel.
  4. Begitu sepatu kotor, hendaknya segera dibersihkan. Lumpur yang menempel akan cepat merusak sepatu.
  5. Apabila sepatu Anda basah kuyup, misalnya karena kehujanan, jangan keringkan dengan mendekatkannya pada kompor yang menyala karena kulit sepatu bisa menjadi keras dan retak-retak. Sebaiknya ambil gumpalan kertas koran dan masukkan ke dalam sepatu yang basah itu. Lakukan ini berulang kali dan ganti kertas koran setiap dua jam sekali. Kertas koran ini akan menyerap air dari sepatu Anda dan esok harinya sepatu Anda pun dapat dipakai kembali.

Itulah cara mudah merawat sepatu agar tetap awet dan bisa dipakai sampai Anda bosan. 🙂 Kalau Anda bisa merawat sepatu Anda dengan baik, tentu Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sepatu yang baru. Kecuali, Anda memang benar-benar sangat membutuhkan sepatu yang baru tersebut.

Nah, jika tips merawat sepatu agar awet ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa untuk men-share-nya ke teman-teman atau keluarga Anda ya, baik melalui facebook ataupun twitter. Terima kasih.

Daftar Istilah:

cara merawat sepatu sekolah, cara merawat sepatu, berapa kali mencuci sepatu, cara merawat sepatu ardiles, cara membersihkan sepatu ardiles, cara merawat sepatu ar, cara agar sepatu awet, Berapa kali mencuci sepatu yang benar, mencuci sepatu berapa kali, merawat sepatu sekolah yang benar, rawat sepatu baru, sebaiknya mencuci sepatu sekolah berapa kali, tips agar sepatu tidak cepat rusak bolong