Cara Mudah Membersihkan Lantai Teraso

Cara membersihkan lantai teraso | Teraso, atau dalam bahasa Inggrisnya Terrazzo, adalah bahan komposit yang dipadatkan. Lantai teraso tradisional biasanya menggunakan bahan dari campuran semen dan pecahan marmer yang kemudian dihaluskan. Bahan campuran semen itu kemudian dimasukan ke dalam cetakan, selanjutnya ditambahkan dengan pecahan marmer. Selanjutnya, bagian atasnya diratakan menggunakan alat perata permukaan. Setelah itu, cetakan teraso dipoles agar mengkilap.

membersihkan lantai teraso terrazzo floor

Sementara, lantai teraso modern bentuknya lebih tipis, makanya ia sering kali disebut dengan teraso tipis. Bahan lantai ini tidak lagi menggunakan bahan semen, melainkan damar/bahan polimer. Epoksi adalah bahan yang sering digunakan dalam pembuatan teraso modern.

Berbeda dengan lantai teraso tradisional, teraso epoksi biasanya dilapisi dengan bahan epoksi yang cukup keras, sehingga tahan terhadap kotoran.

Nah, berikut ini cara membersihkan lantai teraso yang bisa anda lakukan, sehingga lantai anda tetap terlihat bersih dan mengkilap.

  1. Sapulah lantai teraso Anda untuk menghilangkan semua kotoran atau pasir di atasnya. Sebaiknya jangan gunakan sapu atau pembersih yang keras, karena dapat merusak atau menggores permukaan lantai teraso.
  2. Pel lantai dengan menggunakan obat pembersih lantai berbahan pH-neutral yang memang dibuat khusus untuk permukaan yang keras. Jangan gunakan obat pembersih lantai pada umumnya yang tidak berbahan pH neutral, karena dapat merusak dan menggores permukaan lantai.
  3. Setelah itu, bilaslah alat pel lantai Anda,  gantilah air sesering mungkin, dan gunakan handuk atau kain untuk mengeringkan permukaan lantai teraso.
  4. Cek kebersihan lantai. Gunakan tangan atau lutut Anda untuk mengecek apakah lantai sudah cukup bersih atau belum. Jika ada permukaan lantai yang tergores, haluskan goresan tersebut menggunakan bahan campuran obat pembersih lantai yang sudah dipadatkan.
  5. Jika goresan di lantai terbilang besar, maka gunakan alat penghalus lantai.  Bersihkan sudut dan pinggir lantai menggunakan tangan agar lantai yang sudah bersih tidak terkotori oleh sabun atau obat pembersih yang masih tersisa. Gunakan kain untuk mengering sisa-sisa sabun atau obat tersebut. Untuk bilasan terakhir, gunakan air yang sudah disaring untuk menghindari mineraliasi lantai (bercak putih yang timbul di permukaan lantai).
  6. Keringkan lantai secara menyeluruh agar tidak ada lagi air yang tersisa.
  7. Gunakan penggosok lantai agar lantai tampak mengkilap. Beberapa lantai dengan teraso tradisional membutuhkan bahan tambahan untuk agar permukaannya tidak tergores. Pasti dulu tipe teraso Anda sebelum menggunakan bahan tambahan ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

#Sedikit tambahan tips

  • Lantai teraso tradisional yang terbuat dari campuran semen sering-sering dibersihkan karena bersifat serap dan mudah menyerap kotoran.
  • Bahan teraso yang berbeda juga berbeda cara membersihkannya. Karena itu, untuk saat ini, belilah teraso dengan tipe modern, sehingga mudah dibersihkan.

Itulah beberapa cara mudah membersihkan lantai teraso. Dengan melakukan cara-cara di atas, Anda akan mendapatkan lantai teraso rumah Anda kembali bersih dan mengkilap, serta enak dipandang dan enak untuk tempat bermain si kecil.

Daftar Istilah:

cara membersihkan lantai teraso, cara mengkilapkan lantai teraso, cara mengkilapkan lantai ubin, lantai teraso, cara mengkilapkan lantai tegel, pembersih lantai teraso, cara menghitamkan lantai rumah, Alat pembersih tradisional, cara membersihkan ubin teraso, cara membersihkan lantai traso, ##################, pembersih teraso, cara membersihkan ubin tegel, cara mengkilapkan tegel, cara membersihkan lantai tegel, cara poles teraso, cara menghitamkan lantai, cairan pembersih teraso, cara mengkilapkan lantai traso, teraso, traso, cara mengkilapkan lantai acian, cara mengkilapkan ubin teraso, tips membersihkan teraso, cara memoles teraso, cara poles traso, cara mengkilapkan teraso, lantai traso, cairan pembersih lantai tegel, cara mengkilapkan ubin



One Response

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!