9 Gejala Penyakit Radang Otak Paling Serius

gejala radang otak; tanda radang otak; gejala penyakit radang otak; tanda penyakit radang otak; gejala inflamasiGejala penyakit radang otak | Radang otak atau inflamasi yang menyerang otak ini adalah penyakit yang dapat menyerang orang dari berbagai umur, namun lansia dan balita yang memiliki kekebalan tubuh cenderung lebih lemah memiliki resiko terserang radang otak lebih besar.

Penyakit radang otak menyerang seseorang diikuti dengan datangnya berbagai gejala radang otak. Biasanya gejala radang otak akan diawali dengan gejala ringan dan umum seperti pusing, demam, cepat lelah, dan pegal-pegal. Gejala radang otak seperti ini biasanya muncul tiba-tiba, setelah itu kondisi kesehatan orang yang terserang radang otak akan semakin menurun dan muncullah gejala radang otak dengan indikasi yang lebih serius.

Gejala radang otak yang sudah memasuki tahap serius adalah sebagai berikut :

1. Kejang-kejang

Gejala radang otak yang pertama ini banyak disepelekan orang karena hanya dianggap kejang biasa, orang yang sudah mengalami kejang biasanya mengalami demam dengan suhu tubuh yang terlalu tinggi terlebih dahulu.

2. Kondisi mental menurun

Perubahan pada kondisi mental orang yang terkena gejala radang otak sangat terlihat jelas, biasanya orang yang terserang radang otak akan menjadi linglung atau bingung.

3. Halusinasi

Orang yang terserang radang otak dengan indikasi sudah serius akan lebih sering berhalusinasi, biasanya gejala radang otak yang satu ini muncul secara tiba-tiba dan akan hilang secara tiba-tiba pula.

4. Otot lemas

Selain kondisi mental yang menurun, kekuatan otot orang yang terserang radang otak pun akan menurun drastis, orang tersebut akan mudah lelah. Selain itu orang tersebut akan terlihat lesu dan lemas.

5. Kelumpuhan bagian tubuh tertentu

Gejala radang otak yang cukup jelas lainnya adalah terjadinya kelumpuhan fungsi suatu bagian tubuh, bagian tubuh yang banyak diserang adalah wajah dan tangan atau kaki.

6. Pendengaran menurun

Fungsi indra juga dapat menurun saat seseorang terkena gejala radang otak, ini disebabkan saraf pendengaran anda yang terdapat di otak mungkin terkena radang. Selain pendengaran, kemampuan bicara orang yang terserang radang otak pun akan menurun.

7. Pingsan

Pingsan secara tiba-tiba juga merupakan gejala radang otak yang wajib anda waspadai. Ini bisa terjadi karena kondisi fisik penderita yang sudah menurun drastis Sesaat sebelum pingsan penderita biasanya merasakan sakit pada kepalanya.

8. Leher kaku

Gejala radang otak selanjutnya adalah leher yang terasa kaku seperti halnya saat Anda salah posisi tidur. Kondisi leher kaku ini biasanya dialami dalam waktu yang cukup lama.

9. Pandangan menurun

Kemampuan indra penglihatan akan menurun sedikit demi sedikit, bahkan jika gejala radang otak sudah semakin serius bisa menyebabkan kebutaan atau hilangnya penglihatan.

Beberapa gejala radang otak di atas ada yang tidak anda sadari, untuk itu tingkatkanlah kewaspadaan Anda agar gejala radang otak di atas tidak menjadi semakin parah. Jika anda mengalami gejala seperti di atas sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Daftar Istilah:

badan lemah linglung, promosi kesehatan tentang meningitis, obat alami mengatasi kaki keseleo, sering pingsan lemas berhalusinasi sakit apakah itu?



error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!