Ini Dia Penyebab AC Tidak Dingin Lagi dan Cara Mengatasinya

Diposting pada


gambar AC tidak dinginPenyebab AC tidak dingin | Mungkin di atas pembaca sekalian pernah mengalami AC di kamar atau di ruang tamu tidak terasa dingin lagi. Sementara, Anda sangat membutuhkan AC karena cuaca yang sangat panas. Kira-kira apa penyebabnya ya? dan, bagaimana cara mengatasinya.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas sedikit tentang sebab-sebab AC tidak dingin lagi atau faktor-faktor yang memengaruhi AC tidak berfungsi lagi.

 

Penyebab AC tidak dingin lagi

Setidaknya, ada tiga faktor utama yang menyebabkan AC tidak berfungsi secara maksimal, sehingga tidak mampu membuat ruangan menjadi segar dan dingin. Ketiga faktor itu adalah tegangan listrik yang tidak stabil/maksimal, freon yang minta ditambah atau diganti, atau AC dalam keadaan kotor.

 

1. Tegangan listrik tidak stabil/maksimal.

Mungkin timbul pertanyaan di hati pembaca, kenapa tegangan listrik yang tidak stabil atau maksimal dapat menyebabkan AC tidak dingin? Jawaban sederhananya, tentu saja karena AC membutuhkan pasokan listrik yang cukup besar. Dibandingkan alat-alat elektronik rumah tangga lainnya, AC termasuk salah satu elektronik yang paling besar pasokan listriknya.

Karena itu, ketika tegangan listrik tidak stabil atau maksimal, hal itu akan memengaruhi kinerja dari AC itu sendiri. Jika hal ini yang terjadi, maka Anda tidak perlu khawatir. Sebab, AC Anda akan kembali berfungsi dengan sendirinya.

Namun, jika yang bermasalah memang sambungan listriknya, misalnya phase yang dipasang cuma 1, maka tidak akan mampu memberikan pasokan listrik yang maksimal ke AC. Padahal, phase yang diminta setidaknya 3 phase.

Untuk mengetahui apakah sambungan listrik di rumah Anda memakai 1 atau 3 phase, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu melihat sambungan kabel yang mengarah ke meteran listrik. Jika kabelnya berjumlah 2, berarti listrik di rumah Anda hanya memakai 1 phase saja. Jika jumlahnya 4, berarti memakai 3 phase.

Jika listrik di rumah Anda hanya menggunakan 1 phase, sebaiknya Anda menghubungi pihak PLN untuk meminta ditambah sambungan phasenya menjadi tiga.

 

2. Freon habis

Freon adalah gas yang mengeluarkan udara dingin dari AC tersebut. Jika freon itu kurang atau habis, maka secara otomatis tingkat kedinginan AC akan mengalami pengurangan atau tidak berasa dingin sama sekali.

Jika AC terpasang dengan benar sesuai dengan panduan dari pabrik, juga tidak terjadi kebocoran pada pipa freon AC, serta dipakai dalam skala normal, maka lumrahnya freon akan habis dalam rentang waktu 3 sampai 5 tahun. Namun, jika ternyata freon AC Anda sudah habis sebelum 3 tahun, memanggil tukang servis AC untuk mengatasinya. Tukang servis AC yang baik dan jujur, tentu akan mengatakan yang seharusnya.

 

3. AC kotor

AC yang kotor juga dapat menyebabkan AC itu tidak dingin lagi. Terkadang, juga menyebarkan aroma yang tidak sedap. Kotoran yang melekat pada AC, biasanya pada saringan atau bagian dalam AC, akan menutup jalan keluar udara bersih atau segar dari AC. Secara otomatis juga, jika AC atau saringan kotor, maka udara segar yang keluar dari AC akan menjadi kotor dan tidak segar atau dingin.

Itulah beberapa penyebab AC tidak dingin lagi dan cara terbaik untuk mengatasinya. Semoga artikel singkat dan sederhana ini sangat membantu Anda.

Daftar Istilah:

penyebab ac tidak dingin, ac tidak dingin, kenapa ac tidak dingin, ac kurang dingin, penyebab AC kurang dingin, penyebab ac rumah tidak dingin, cara memperbaiki ac yg tidak dingin, penyebab ac tidak dingin dan cara mengatasinya, cara mengatasi ac tidak dingin, ac rumah tidak dingin, cara memperbaiki ac yang tidak dingin, cara membuat ac dingin kembali, cara memperbaiki ac tidak dingin, ac gak dingin, penyebab ac tidak dingin lagi, cara membuat ac dingin, kenapa ac tidak dingin sama sekali, mengapa ac tidak dingin, mengatasi ac tidak dingin, ac tidak dingin lagi