8 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi Paling Mematikan

Asam urat adalah salah satu penyakit yang sering kali dikeluhkan oleh masyarakat, terutama oleh mereka yang sudah separuh umur alias dewasa ke atas. Adapun tanda- tanda kemunculan penyakit ini biasanya berupa pembengkakan pada persendian dan terasa ngilu saat digerakkan.

Makanan Minuman Penyebab Asam Urat Tinggi Paling Mematikan

Sebagaimana penyakit lainnya, asam urat yang dalam bahasa ilmiah disebut arthritis gout, sedangkan bahasa Inggrisnya adalah unic acid, juga sangat mengganggu. Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami beberapa keluhan seperti pegel dan nyeri pada sendi.

Penyakit asam dapat menyerang siapa saja yang sudah dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Terlebih, mereka yang kurang bisa menjaga pola makan yang baik memiliki kemungkinan lebih besar menderita penyakit asam urat.

Jika Anda sudah telanjur mengidap penyakit asam urat ini, hal pertama dan utama yang harus Anda lakukan adalah menghindari makanan penyebab asam urat. Jika Anda mengabaikannya, maka dapat dipastikan penyakit asam urat yang Anda derita akan menjadi tinggi. Ini tentu sangat berbahaya bagi diri dan kesehatan Anda.

Sebagai informasi, makanan penyebab asam urat tinggi biasa memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga bisa memperparah asam urat.

Nah, berikut ini adalah 8 makanan penyebab asam urat tinggi paling mematikan. (Urutan tidak menunjukkan tingkat, sekadar penomoran saja. Sebab, semua makanan dan minuman dalam daftar ini sangat mematikan bagi penderita penyakit asam urat).

 

1. Alkohol

Minuman beralkohol seperti wine atau bir juga mengandung kadar purin yang tinggi dan tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat. Bahkan, bagi orang-orang bebas dari penyakit ini sekalipun, terlalu sering mengonsumsi alkohol juga sangat berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat menyebabkan kematian. Karena itu, hindarilah minuman yang mengandung alkohol agar asam urat Anda tidak semakin parah.

 

2. Daging Merah

Daging merah biasanya didapat dari hewan yang berkaki empat, seperti kambing, kuda, sapi, ataupun domba. Daging merah juga memiliki kadar purin yang cukup tinggi, yang tentu saja berbahaya bagi penderita penyakit asam urat.

Selain itu, mengonsumsi daging merah yang terlalu sering, juga dengan jumlah yang banyak juga kurang baik dan tidak bijaksana. Sebagai contoh, terlalu sering makanan daging domba atau kambing dapat memicu tekanan darah tinggi. Ini sangat berbahaya dan harus dihindari.

 

3. Minuman Bersoda

Selain minuman beralkohol, sebagaimana poin 1, beragam minuman yang mengandung kafein seperti kopi juga sangat disarankan untuk dihindari oleh penderita asam urat. Begitu juga dengan minuman bersoda, biasanya terdapat pada minuman ringan (soft drink) seperti Sprite, Fanta, Coca cola, dan lainnya, juga wajib dihindari. Kalau tidak, jangan heran jika penyakit asam urat yang Anda derita semakin parah.

 

4. Makanan Laut (Seafood)

Makanan laut atau seafood hampir semuanya sangat berbahaya bagi penderita asam urat. Beberapa seafood seperti ikan teri, salmon, tuna, makarel, cumi-cumi dikenal sebagai musuh bagi penyakit asam urat.

Tidak hanya itu, hewan-hewan laut yang bercangkang seperti tiram, kepiting, kerang, lobster ataupun udang juga harus dihindari jika Anda tidak ingin asam urat Anda kambuh. Jika pun Anda termasuk penggila makanan laut, sesekali Anda boleh memakannya. Dengan catatan, Anda harus mengurangi porsinya dan harus diimbangi dengan olah raga yang rutin. Lebih baiknya tetap menghindari makanan laut tersebut.

 

5. Jeroan

Hampir semua masyarakat Indonesia menyukai yang namanya jeroan. Sebagaimana arti bahasanya, dalaman (Jawa), jeroan adalah makanan yang diolah dari berbagai organ tubuh bagian dalam hewan, seperti usus, hati, otak, limpa, lidah, paru, ampela, dan lainnya.

Beberapa organ dalaman tersebut memiliki kandungan vitamin B12, zat besi, dan protein yang sangat tinggi. Namun sayangnya, kandungan purin di dalamnya juga sangat tinggi. Karena itu, jeroan (utamanya hati) sangat berbahaya bagi penderita penyakit asam urat. Harus dihindari!

 

6. Minyak Ikan Makarel

Minyak ikan mengandung omega 3 yang sangat penting untuk kesehatan. Di kalangan masyarakat, minyak ikan ini sudah banyak diolah dan biasanya dikemas dalam bentuk kapsul, yang fungsi utamanya adalah untuk mencerdaskan otak dan menjaga kesehatan jantung.

Dari beberapa minyak ikan yang beredar di masyarakat, ada sebagiannya yang terbuat dari ikan makarel. Sebagaimana telah dibahas di poin 4, bahwa ikan makarel merupakan salah satu makanan laut (seafood) yang tidak baik bagi penderita penyakit asam urat. Karena itu, minyak ikan yang terbuat dari ikan makarel juga harus dihindari.

 

7. Kacang-kacangan

Sebagai sumber protein nabati, kacang- kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, dan tauge tentu sangat baik bagi kesehatan. Namun, jika Anda memiliki penyakit asam urat, atau sakit dan ngilu sendi, sebaiknya hindari atau setidaknya kurang mengonsumsi kacang-kacangan tersebut.

 

9. Makanan Olahan

Yang dimaksud makanan olahan di sini adalah makanan yang diolah dari bahan-bahan daging, seperti dendeng, abon, dan semacamnya. Makanan olahan tersebut memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dan sebisa mungkin dihindari. Selain kedua olahan tadi, beberapa makanan olah yang dikemas dalam kaleng, seperti ikan sarden, kornet sapi, juga harus dihindari, karena juga mengandung purin yang sangat berbahaya bagi penderita asam urat.

 

Nah, itulah 8 makanan dan minuman penyebab asam urat tinggi yang paling mematikan dan harus dihindari oleh penderita penyakit sendi ini. Semoga informasi ringan ini bermanfaat bagi Anda. Terakhir, semoga Anda terhindar dari penyakit asam urat, dan bagi Anda yang sudah terlanjut menderita, semoga cepat sembuh. Amin.

 

8 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi Paling Mematikan | Geulis | 4.5
error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!