Cara Membersihkan Talenan dari Plastik dan Kayu

Diposting pada


talenan unik berbentuk hati
image: vemale.com

Cara membersihkan talenan plastik dan kayu – Salah satu peralatan dapur yang sering bersentuhan dengan hampir semua jenis makanan adalah talenan. Oleh karena itu, talenan yang bersih menjadi kunci kebersihan makanan yang kita olah. Pori-pori talenan khususnya yang terbuat dari kayu sangat rentan terkontaminasi oleh jamur, kuman, serta bakteri. Talenan seharusnya dibersihkan dengan rutin agar tidak menjadi sarang berbagai penyakit. Mencuci talenan dengan sabun anti bakteri akan memperkecil pertumbuhan berbagai jenis bakteri yang terdapat pada permukaan talenan. Berikut cara perawatan talenan:

Membersihkan Talenan Plastik dan Talenan Kayu

Berikut kami sampaikan beberapa panduan untuk membersihkan baik talenan kayu maupun plastik setelah Anda pergunakan:

  • Sikat semua permukaan talenan dengan menggunakan sabun cuci piring dan air yang hangat.
  • Talenan masih perlu dibilas pada air yang mengalir meskipun sudah digosok dalam air hangat. Jika dimungkinkan Anda bisa membilas talenan pada air mengalir yang memiliki tekanan cukup tinggi.
  • Ketika akan menyimpan talenan kayu, pastikan talenan kayu sudah dalam kondisi yang kering. Menyimpan talenan kayu dalam kondisi yang lembab menyebabkan berpotensi tumbuhnya jamur serta menjadikan warna talenan menjadi lebih gelap.
  • Untuk menghilangkan bau amis atau bau bawang pada talenan, Anda bisa menggunakan jeruk lemon agar bau amis atau bau bawang hilang dan talenan lebih kesat.

Baca juga: Cara Terbaik Merawat atau Memelihara Jaket Kulit agar Awet

Mensterilkan Talenan

Untuk menjaga kebersihan talenan, Anda bisa mengupayakan untuk mensterilkan talenan yang Anda miliki minimal seminggu satu kali. Berikut kami sampaikan cara mensterilkan talenan Anda:

  • Campurkan satu sendok karbol dengan 5 liter air bersih. Selain karbol, Anda bisa menggunakan bahan cuka putih sebagai bahan alternatif.
  • Rendam talenan Anda pada campuran air karbol yang sudah dibuat kira-kira selama satu jam.
  • Bilas talenan yang sudah direndam sampai bau karbolnya hilang, kemudian keringkan talenan yang sudah dibilas secara alami. Usahakan menyimpan talenan kayu dalam kondisi yang sudah kering betul.
  • Anda bisa menggunakan lilin lebah untuk membantu talenan membentuk lapisan pelindung kontaminasi makanan dari bakteri yang mungkin muncul. Anda bisa menggosok lilin lebah satu bulan satu kali.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Barang dari Kuningan dan Tembaga

Mencegah Terjadinya Kontaminasi Makanan Dari Talenan

Untuk mencegah adanya kontaminasi bakteri pada makanan akibat penggunaan talenan, ada baiknya Anda memperhatikan saran berikut sebelum menggunakan talenan:

  • Pada umumnya talenan jenis plastik lebih higienis karena talenan jenis ini tidak memiliki pori.
  • Pastikan menyimpan talenan jenis kayu dalam kondisi yang sudah kering dan bersih.
  • Usahakan memiliki talenan yang berbeda untuk penggunaan daging dan sayuran. Jadi Anda bis membeli dua jenis talenan yang berbeda, yang satu untuk daging dan ikan, yang satu lagi untuk berbagai jenis sayuran.
  • Usahakan tidak menggunakan talenan yang retak atau patah karena talenan yang retak akan menjadi tempat persembunyian kuman dan bakteri.

Kesimpulan bagaimana cara membersihkan talenan dari plastik dan kayu adalah dengan menggunakan jenis talenan yang berbeda untuk daging dan sayur. Anda perlu menggunakan air hangat dan sabun cuci untuk membersihkan talenan. Simpel bukan bagaimana cara membersihkan talenan milik Anda?

Daftar Istilah:

cara membersihkan talenan plastik, cara mengkilapkan perhiasan silver, cara membersihkan talenan, cara membersihkan telenan, menghilangkan jamur pada telenan, cara membersihkan telanan, cara bersihkan talenan yang kotor, cara menghilangkan noda hitam pads talenan, cara merawat telenan plastik, menghilangkan noda di telenan, Menghilangkan noda talenan, cara menghilangkan noda hitam di pada plastik, cara menghilangkan jamur pada papan telenan, cara menghilang kan bau bawang pada talenan kayu, cara membersihkan talenan yg kotor, cara membersihkan talenan yang terbuat dari plastik, cara membersihkan talenan kotor, cara membersihkan talenan agar tidak bau, cara membersih kan telenan pelastik, Tips mencegah talenan cepat berjamur