6 Cara Mudah Membersihkan Tandon, Tangki Air, atau Toren

Membersihkan Tandon, Tangki Air, atau Toren | Tandon atau tangki air atau toren merupakan sebuah tabung besar yang digunakan sebagai penyimpan atau penampungan air untuk kebutuhan sehari-hari. Keberadaan tandon atau tangki air ini sangat besar fungsinya. Dan, untuk zaman sekarang, terutama di perkotaan, lebih-lebih lagi di perumahan, setiap rumah sudah memiliki tandon air sendiri-sendiri.

Membersihkan tandon tangki air atau toren

image:tanwer.blogspot.com

Terkait fungsinya sebagai tempat penampungan air, maka kebersihan tandon juga harus diperhatikan agar air yang tertampung di dalamnya tetap dalam keadaan bersih. Namun, faktanya, keberadaan tangki air ini sering kurang mendapat perhatian. Salah satu alasannya karena tempatnya yang jauh dari jangkauan. Sebagaimana lazim diketahui, penempatan tandon biasanya di bagian belakang rumah atau di atas menara atau tower yang membutuhkan tangga untuk dapat menjangkaunya.

Karena letaknya berada di atas dan senantiasa terpapar sinar matahari ketika musim kemarau dan terkena air hujan pada saat musim penghujan, maka tidak mengherankan jika tumbuh lumut yang dapat memengaruhi kualitas air di dalamnya. Selain panas dan air hujan, pertumbuhan lumut dan menumpuknya kotoran di dalam tangki air juga dipengaruhi oleh kualitas air yang kurang baik. Air dengan kualitas kurang baik biasanya juga membawa pasir atau kotoran kecil yang dapat mengendap dan lambat laun akan menumpuk di dalam tangki air.

Nah, agar kualitas air di dalam tandon tetap terjaga, maka diperlukan perawatan atau tindakan bersih-bersih. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk dapat melakukannya, Anda dapat menyewa jasa pembersihan tandon atau tangki air. Lakukan pembersihan minimal 6 bulan sekali. Namun, jika dalam perjalanannya tandon lebih cepat kotor, maka pembersihan yang lebih sering tentu lebih baik.

Namun, jika Anda memiliki waktu luang, membersihkan tandon sendiri tentu lebih baik. Selain Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa, hal ini juga dapat melatih Anda agar tidak tergantung pada jasa orang lain. Ini juga dapat menghindarkan Anda dari terjadinya hal-hal tidak Anda inginkan di kemudian hari.

Sebagai contoh, ketika jasa yang biasa Anda pakai berhalangan (entah karena sibuk, tidak ada waktu, kecelakaan, atau hal terburuknya meninggal dunia), sementara tandon di rumah Anda sudah penuh lumut dan air di dalamnya sudah sangat kotor, maka Anda dapat melakukan pembersihan sendiri dan tetap dapat menikmati air yang bersih.

Untuk dapat melakukan perawatan tandon sendiri, Anda dapat melakukannya dari dua bagian, yaitu pemeriksaan dan pembersihan tandon beserta aksesori pendukungnya, seperti pompa air, pipa atau paralon, keran, tangki, dan pendukung lainnya.

 

Cara Membersihkan Tandon atau Tangki Air

Sebelum melakukan pembersihan, pastikan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, apakah tangki sudah perlu dibersihkan atau belum. Pertama-tama, lakukanlah pemeriksaan secara fisik luar, apakah pompa berjalan dengan baik atau tidak, apakah pipa paralon ada yang retak atau pecah, apakah tutup tangki air terpasang dengan baik, apakah tangki air ada yang bocor atau retak, dan sebagainya. Jika tidak ada masalah, barulah memeriksa bagian dalam tandon. Nah, jika bagian dalam tandon sudah berlumut dan air di dalamnya tidak lagi bersih, maka inilah saatnya bagi Anda untuk membersihkannya.

Nah, untuk membersihkan bagian dalam tandon atau tangki air ini, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

  1. Pastikan terlebih dahulu untuk merencanakan kapan untuk membersihkan tandon air. Hal ini tentu saja untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan Anda saat membersihkan tandon. Jika sudah menentukan harinya, maka Anda dapat mengurangi kapasitas air di dalam tandon dan mematikan saklar otomatis pompa air sehingga tidak menyala dan mengisi air dalam tandon.
  2. Pastikan kembali air di dalam tandon tinggal sedikit. Jika airnya masih banyak, maka ini akan memperlambat pekerjaan Anda. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan poin 1 di atas.
  3. Bersihkan bagian dalam tangki menggunakan spons atau kain lap. Pada dasarnya, lumut hanya menempel di dinding bagian dalam tandon, Anda dapat membersihkannya hanya menggunakan kain lap atau spons. Jangan menggunakan sikat, terlebih sikat kawat, karena itu dapat melukai atau merusak dinding bagian dalam tandon atau tangki air.
  4. Bila tak terjangkau oleh tangan, lakukan pembersihan menggunakan alat pel yang memiliki batang atau pegangan. Selain itu, Anda juga dapat batang sapu atau kayu atau saja yang ujungnya sudah dilapisi dengan kain.
  5. Setelah semua bagian dalam tandon sudah dilap dan lumut sudah bersih, buanglah sisa-sisa air melalui lubang pipa pembuangan dengan cara melepas penutupnya (Setiap tangki air biasanya sudah disediakan saluran atau pipa pembuangan). Selanjutnya, bilas keseluruhan bagian dalam tandon dengan air bersih. Lakukan sampai tandon benar-benar terlihat bersih.
  6. Jika tangki air sudah bersih dan siap untuk diisi kembali dengan air yang bersih, maka pastikan Anda memasang kembali penutup pipa saluran pembuangan air. Kalau tidak, ya sia-sia Anda mengisi air pada tandon. Sungguh, ini sangat terlaluh, hehehe

Demikianlah cara membersihkan tandon atau tangki air atau toren yang dapat kami sajikan kepada Anda. Dengan melakukan beberapa cara sederhana di atas, berarti juga Anda telah melakukan perawatan yang baik pada tandon atau tangki air Anda. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati air bersih kembali di rumah Anda.

Daftar Istilah:

cara membersihkan tandon air, cara membersihkan toren, cara membersihkan toren air, cara membersihkan toren penampungan air, https://caratercepat com/membersihkan-tandon-tangki-air-toren html, cara membersihkan tandon air plastik, cara membersihkan tandon, cara bersihkan toren air, cara membersihkan tangki air, cara menghilangkan lumut di penampungan air, cara membersihkan toren air dari lumut, cara merawat toren air, cara untuk bersihin toren air, cara sedimentasi sederhana pada tanki air bersih, cara menguras toren, cara menghilangkan karat pada pipa air, cara membersihkan tangki, untuk membersihkan toren air, cara membersihkan penampung air yg kotor, cara membersihkan pralon air
6 Cara Mudah Membersihkan Tandon, Tangki Air, atau Toren | Geulis | 4.5
error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!