18 Cara Mengamankan Rumah dari Maling [Sederhana tapi Ampuh]

Diposting pada


Cara mengamankan rumah | Tidak ada seorang pun yang merasa senang ketika barang-barang berharga di rumahnya hilang karena ulah maling atau pencuri. Karena itu, jika ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari mengobati, maka pepatah tersebut sungguh sangat benar adanya. Ini juga berlaku pada pencurian. Tentu saja, lebih baik kita mencegah terjadinya pencurian daripada harus berbenah setelah barang-barang di rumah tercuri.

Cara Mengamankan Rumah dari Maling_Cara Melindungi Rumah dari Pencuri

Salah satu usaha untuk mencegah terjadinya pencurian adalah dengan meningkatkan keamanan di rumah. Untuk melindungi rumah pencuri atau maling tidak harus dilakukan dengan biaya yang mahal, kita dapat melakukannya dengan biaya yang relatif sedikit dan sangat mudah.

 

Cara Melindungi Rumah dari Pencuri

Nah, berikut ini adalah 18 cara mengamankan rumah dari maling yang dapat dilakukan oleh semua orang, termasuk Anda. Jika Anda sudah melakukan tips-tips melindungi rumah dari pencuri berikut dengan baik, tetapi masih juga terjadi pencurian di rumah Anda, maka itulah yang disebut takdir.

1. Berpikirlah layaknya seorang pencuri. Tips ini bukan menyuruh Anda untuk mencuri. Tidak. Anda hanya diminta untuk berpura-pura menjadi seorang pencuri terhadap rumah sendiri dan mencoba untuk memikirkan cara-cara untuk masuk ke dalam rumah Anda sendiri. Pelajari dan amati setiap kelemahan yang ada pada sistem keamanan rumah Anda. Jika Anda menemukannya, maka perbaikilah.

2. Kuncilah pintu rumah Anda. Ingatlah, pencurian tidak hanya terjadi karena adanya barang berharga, tetapi juga karena adanya kesempatan untuk melakukannya. Nah, pintu yang terbuka di saat Anda tidak ada di rumah atau sedang berada di belakang, memberikan sinyal kepada pencuri untuk melaksanakan aksinya.

3. Mengunci jendela. Selain pintu, jendela juga perlu dikunci. Sebab, jendela yang terbuka akan memancing pencuri untuk memeriksa adakah barang berharga di dalam rumah yang dapat diambil. Tentu saja, pencuri tidak akan mengerti jika ia tidak mengintip terlebih dahulu. So, jangan lupa untuk mengunci pintu dan jendela ketika Anda hendak keluar rumah atau hendak pergi tidur.

4. Kunci pintu balkon. Pintu balkon sering kali dibiarkan terbuka, karena pemilik rumah merasa bahwa pintu balkon jauh dari jangkauan pencuri. Tentu saja hal ini tidaklah benar. Lubang apa pun yang dapat menjadi akses bagi pencuri hendaklah ditutup dan dikunci. Sebab, Anda tidak tahu dari mana pencuri hendak masuk ke rumah Anda. Dan, dari banyak kasus yang terjadi, pintu balkon menjadi salah satu jalan masuk paling sering dan paling mudah bagi pencuri.

5. Kunci pintu garasi. Pintu garasi juga menyediakan akses masuk ke rumah Anda. Jadi, perlakukan ia sebagaimana pintu-pintu lainnya. Pastikan Anda menguncinya dengan benar.

6. Rumah baru, kunci baru. Ketika Anda pindah dari suatu tempat ke tempat yang baru, dari rumah lama ke rumah yang baru, usahakanlah untuk mengubah semua kunci yang Anda. Sebab, Anda tidak pernah tahu apakah pemilik atau penjaga rumah sebelumnya sudah menduplikat kunci rumah atau tidak. Jika benar kunci sudah diduplikat, maka rumah Anda terancam pencurian. Tentu saja, ini tidak selalu terjadi. Tetapi sangat baik untuk Anda lakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

7. Biarkan lampu, televisi, atau alat elektronik lainnya menyala. Ini terutama jika Anda keluar rumah untuk waktu yang tidak lama, hanya hitungan jam bahkan menit. Sebab, ketika Anda pergi, sementara cahaya lampu di rumah masih menyala, suara televisi masih terdengar, ini memberikan sinyal kepada pencuri bahwa di dalam masih ada orang (sekalipun faktanya tidak ada). Dengan demikian, tentu pencuri akan berpikir dua kali lipat untuk masuk ke rumah Anda.

8. Jangan meninggalkan catatan di pintu. Misalnya, “Saya sedang pergi”, “Kami sedang pergi berlibur”, “Maaf, sedangkan tidak ada orang di rumah”. Ketahuilah bahwa hal ini seolah-olah memberitahukan kepada pencuri bahwa rumah memang tidak ada orang dan ini menjadi kesempatan yang baik bagi si pencuri untuk masuk ke dalam rumah dan mengambil barang-barang berharga di dalamnya.

9. Tutup tirai. Jika Anda sedang istirahat atau tidur, atau hendak pergi keluar rumah, sebaiknya tutuplah semua tirai yang ada di rumah Anda. Sebab, tirai yang terbuka sementara di rumah tidak ada orang juga dapat memancing pencuri untuk mengintip rumah Anda. Ini dapat menjadi awal dari malapetaka yang dapat menimpa Anda.

10. Laporkan hal-hal aneh kepada polisi. Jika Anda melihat keanehan yang terjadi di sekitar Anda, misalnya mobil yang mondar-mandir di sekitar rumah Anda, atau Anda melihat seseorang yang berperilaku aneh, Anda dapat melaporkannya kepada polisi terdekat. Selanjutnya, biarlah polisi yang menanganinya.

11. Pasang lampu yang terang. Pasanglah lampu dengan cahaya yang terang di tempat-tempat yang menurut Anda dapat menjadi jalan akses bagi pencuri, misalnya, di halaman, di belakang rumah, di samping kanan kiri rumah. Hal ini akan menyulitkan para pencuri untuk menyelinap ke rumah Anda.

12. Pasang alarm. Jika seorang pencuri berhasil masuk ke rumah Anda, maka alarm akan berbunyi dan mencegah pencuri melaksanakan aksinya.

13. Jika Anda pernah kehilangan kunci rumah, sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru. Sebab, Anda tidak pernah tahu bahwa ada orang yang menemukannya dan ia berprofesi sebagai pencuri. Jika ini terjadi, maka rumah dan barang-barang Anda dalam bahaya.

14. Pastikan pagar rumah Anda dibuat lebih rendah dari jendela rumah Anda. Hal ini dapat menyulitkan pencuri untuk mengintai rumah Anda dari balik jendela. Sebab, jika pencuri itu melakukannya, maka kemungkinan besar akan dilihat oleh orang lain yang kebetulan lewat di sekitar rumah Anda.

15. Gunakan anjing sebagai penjaga. Seperti diketahui, kulit anjing dapat berfungsi sebagai peringatan dan menarik perhatian bagi hadirnya orang lain yang tidak dikenalnya. Tentu saja, ini sangat membantu Anda dalam mengamankan rumah. Selain anjing, peliharaan lainnya juga dapat melakukannya, semisal burung, kucing, atau peliharaan lain yang memiliki sensitivitas terhadap pemiliknya.

16. Jangan tinggalkan atau simpan kunci saat bepergian. Kita mungkin sering melakukan sendiri atau melihat orang lain yang meletakkan kunci di bawah keset, pot bunga, di atas kusen, dan sebagainya ketika hendak bepergian. Alasannya, agar anggota keluarga yang lain dapat menemukannya ketika mereka pulang dan tidak menemukan Anda di rumah. Ini tentu bukan tindakan yang baik. Daripada melakukan hal seperti ini, akan lebih baik jika Anda menunggu atau mengajak bertemu di suatu tempat untuk memberikan kunci rumah. Tentu ini lebih aman.

17. Memasang terali di jendela. Ini sangat dianjurkan jika rumah Anda terletak di daerah yang rawan terjadinya pencurian. Hal ini akan mencegah pencuri masuk dari jendela rumah Anda. Ini juga dapat membantu Anda merasa tentang saat bepergian.

18. Belilah brankas. Brankas dapat membantu melindungi tidak hanya barang-barang berharga, tetapi juga dokumen penting, buku cek, laporan bank, dan catatan keuangan.

Nah, dengan melakukan beberapa tips mengamankan rumah dari maling di atas, berarti Anda sudah melakukan hal yang benar untuk melindungi rumah Anda dari pencuri. Semoga bermanfaat dan terima kasih Anda mau membaca dan membagikan artikel ini.

Daftar Istilah:

cara jaga rumah dari maling, cara melindungi rumah dari maling dengan teralis jendela, cara melundungi rumah dari maling, rumah aman dari pencuri