Cara Ampuh Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Diposting pada


gambar nyamukCara mengusir nyamuk secara alami | Nyamuk merupakan salah satu hewan mungil yang menjadi musuh banyak orang. Di samping membuat tidur tak lelap, bekas gigitannya akan sulit hilang, apalagi bila kita menggaruknya. Nyamuk jenis tertentu bahkan bisa menularkan penyakit berbahaya, seperti demam berdarah dengue. Segala cara pun dilakukan untuk menghalau gangguan nyamuk. Tetapi, sering kali cara menghalaunya tidak tepat sasaran. Bahkan, beberapa orang tidak tahan dengan aroma yang dikeluarkan oleh zat pengusir nyamuk, terutama obat nyamuk bakar dan fogging (pengasapan). Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan?

Anda tak perlu khawatir, karena ada cara lain yang lebih alami untuk menghalau nyamuk, yaitu dengan memanfaatkan beberapa jenis tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman apa sajakah itu?

 

Mengusir Nyamuk dengan Geranium

Tanaman jenis perdu setinggi 20–60 cm ini memiliki aroma yang cukup harum namun tidak disukai serangga, khususnya nyamuk, karena tanaman yang memiliki kandungan zat geraniol dan sitronelol ini bersifat antiseptik. Tak heran jika orang tua zaman dahulu banyak yang menggunakannya sebagai media pengusir nyamuk di dalam rumah atau pekarangan. Anda pun bisa melakukan hal yang sama. Selain berkhasiat sebagai pengusir nyamuk, bunga geranium bisa Anda pajang sebagai penghias ruangan. Bentuknya yang indah juga bisa menjadikan tanaman ini sebagai media relaksasi mata.

 

Mengusir Nyamuk dengan Lavender

Linalool asetat yang merupakan komposisi utama dalam minyak lavender berkhasiat mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat saraf dan otot-otot yang tegang. Karena khasiat inilah, bunga lavender sering digunakan sebagai bahan lotion antinyamuk, aromaterapi, parfum, minyak gosok, ramuan untuk mandi, dan obat-obatan. Jika Anda memiliki tanaman lavender di rumah, tak perlu Anda memprosesnya menjadi pelembab kulit untuk menangkal nyamuk. Cukup gosokkan bunga ini ke kulit tubuh Anda, dijamin nyamuk tidak ada yang berani menyentuh kulit Anda.

 

Mengusir Nyamuk dengan Akar Wangi

Sesuai dengan namanya, penggunaan akar wangi tidak jauh dari hal-hal yang berhubungan dengan wewangian, misalnya untuk bahan pembuat kosmetik, parfum, dan sabun mandi. Akan tetapi, selain itu, tanaman akar wangi ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk demam berdarah. Bau menyengat yang keluar dari tumbuhan akar wangi dipercaya cukup mematikan bagi nyamuk demam berdarah.

 

Mengusir Nyamuk dengan Selasih

Selasih merupakan tanaman pengusir nyamuk. Tanaman selasih dipercaya mampu mengeluarkan aroma yang cukup tajam bagi serangga, termasuk nyamuk, sehingga mereka akan menghindar jauh dari tanaman ini. Dengan menempatkan tanaman selasih di dalam ruangan, selain memperindah ruangan, tanaman selasih mampu menghalau keberadaan nyamuk. Bau menyengat yang dikeluarkan tanaman selasih sangat tidak disukai oleh nyamuk, sehingga nyamuk akan menyingkir dari ruangan. Jumlah tanaman yang diletakkan akan sangat bergantung dari luas ruangan. Semakin luas suatu ruangan, maka diperlukan jumlah tanaman yang banyak, dan sebaliknya.

Selain di dalam ruangan, tanaman selasih bisa juga diletakkan di luar ruangan. Namun, agar berfungsi sebagai penghalau nyamuk, tanaman selasih sebaiknya diletakkan di dekat pintu atau jendela, supaya angin yang masuk ke dalam ruangan mengandung aroma selasih. Dengan demikian, nyamuk tidak berani masuk ke dalam ruangan. Akan tetapi, jangan meletakkan tanaman selasih di dalam kamar tidur pada malam hari. Selain aromanya yang menyengat dapat menyebabkan pusing dan mual, oksigen di dalam kamar tersebut dapat berkurang karena digunakan oleh tanaman selasih untuk bernapas.

 

Mengusir Nyamuk dengan Suren

Suren merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Sejak dulu, tanaman ini dimanfaatkan oleh masyarakat asli Papua sebagai media untuk mengusir serangga dan nyamuk dengan cara mengusapkan daun zodia ke seluruh tubuh. Kini, tanaman ini telah dibudidayakan di berbagai tempat. Apabila Anda memiliki lahan pekarangan luas dan dipenuhi dengan pepohonan, tidak ada salahnya Anda menanam suren. Di samping sebagai sarana penghijauan, tanaman yang bisa mencapai tinggi 20 m ini memiliki daun dan kulit kayu yang beraroma tajam sehingga mampu mengusir nyamuk dan serangga lainnya.

 

Mengusir Nyamuk dengan Zodia

Zodia juga merupakan tanaman asli Papua dan kini telah banyak dibudidayakan di berbagai tempat di Indonesia. Banyak orang yang menanam zodia di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Aroma yang keluar dari tanaman ini, yaitu zat evodiamine dan rutaecarpine, terutama ketika daun-daunnya bergesekan, mampu mengusir nyamuk. Kedua zat tersebut menghasilkan aroma yang tajam. Jika tertiup angin, aroma tersebut mudah tersebar ke seluruh ruangan.

Demikianlah 6 bahan yang dapat mengusir nyamuk secara alami. Dengan bahan-bahan tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi jika anak atau keluarga akan tergigit oleh nyamuk. Jika dengan bahan-bahan tersebut nyamuk masih berkeliaran di rumah Anda, berarti Anda membutuhkan cara lain untuk mengusirnya. Namun, yakinlah bahwa dengan bahan-bahan di atas, nyamuk-nyamuk yang punya perikemanusiaan itu akan kabur dengan sendirinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Daftar Istilah:

cara alami mengusir nyamuk di kamar, cara membasmi nyamuk di kamar tidur, cara menghilangkan nyamuk di dalam kamar, cara menghalau nyamuk, cara mengatasi nyamuk dalam kamar, cara mengusir nyamuk di kamar, cara usir nyamuk di kamar, tps agar nyamuk cepat kabur