5 Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Alat Memasak dari Stainless Steel

Cara merawat dan membersihkan alat memasak stainless steel | Dari sekian banyak peralatan memasak, bahan dari stainless steel adalah yang paling banyak digunakan. Di samping ringan dan antikarat, alat memasak dari stainless steel lebih cepat panas sehingga mempercepat aktivitas memasak di dapur. Namun, perawatan perabotan berbahan stainless steel ini tergolong gampang-gampang susah. Sebab, meskipun terbuat dari bahan antikarat, minyak yang Anda gunakan saat memasak bisa membuat perabotan stainless steel Anda lengket dan menyerap banyak kotoran. Akibatnya, perabotan stainless steel Anda menjadi cepat rusak.

cara-merawat-dan-membersihkan-alat-memasak-stainless-steel

Baca juga: cara merawat dan membersihkan alat memasak dari aluminium

Karena itulah, diperlukan perawatan yang tepat agar lapisan antikarat perabotan stainless steel Anda tidak lekas terkikis. Berikut cara-cara merawat peralatan memasak berbahan stainless steel:

  1. Saat pertama kali pemakaian, sebaiknya cuci terlebih dahulu perabotan stainless steel dengan air hangat yang dicampur sedikit sabun dan air jeruk nipis untuk menghilangkan kotoran-kotoran dari pabrik, seperti minyak-minyak bekas pemolesan.
  2. Untuk menjaga permukaan perabotan stainless steel tetap mengkilat, keringkan dengan lap bersih setiap kali sehabis dicuci, dan lebih baik lagi bila dilanjutkan dengan dijemur di bawah panas matahari. Di samping mampu mengeringkan sisa air yang menempel, sinar matahari berfungsi membunuh bakteri dan kuman yang melekat pada perabotan.
  3. Guna mencegah noda hitam akibat panas dari api (jelaga) pada bagian bawah dan sekeliling perabotan stainless steel, sebelum digunakan untuk memasak, olesi bagian tersebut dengan cuka ataupun air jeruk lemon agar noda tidak mudah menempel.
  4. Untuk mengatasi wajan atau panci stainless steel yang berubah warna menjadi cokelat karena gosong, gunakan cuka putih atau jus lemon. Cuci wajan atau panci tersebut dengan cuka atau jus lemon, lalu gosok perlahan. Sebaiknya, hindari merendam perabotan di dalam cairan ini karena bisa membuat permukaannya berlubang. Selanjutnya, cuci kembali dengan sabun pencuci piring, lalu bilas dan keringkan dengan lap bersih. Jangan membiarkan perabotan ini kering karena angin, sebab kombinasi air dan udara bisa menyebabkan karat.
  5. Agar tidak meninggalkan goresan, saat mencuci perabotan, gunakan sikat berbulu lembut dan air sabun untuk menghilangkan noda.

Tips merawat dan membersihkan alat memasak stainless steel yang mudah, bukan? Siapa pun pasti bisa melakukannya, asal punya kemauan dan take action segera. Hanya dengan kelimat tips tersebut, Anda akan mendapatkan alat memasak stainless steel Anda tetap mengkilap dan berkilau seperti baru buka dari boksnya.

Semoga cara merawat dan membersihkan alat memasak stainless steel di atas memberikan manfaat kepada pembaca sekalian, utamanya bagi para ibu-ibu yang memang membutuhkannya. Okay, terima kasih dan selamat mencoba!

 

Daftar Istilah:

cara menghilangkan gosong pada panci stainless, membersihkan panci stainless gosong, cara membersihkan panci stainless steel, cara membersihkan panci stainless gosong, cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel, cara membersihkan panci stainless yang gosong, cara menghilangkan noda pada panci stainless, wajan stainless steel, cara membersihkan alat masak stainless, cara membersihkan wajan yang hitam, cara membersihkan panci stainless, panci stenlis, cara membersihkan panci stenlis, cara merawat wajan stainless steel, cara membersihkan peralatan dapur, alat masak stenlis, cr menghilangkan panci hitam krn gosong, hasiat kuali vivo, tip supaya panci baru tidak item, cara biar panci tidak hit, menghilangkan jelaga pada wajan, cara merawat wajan, cara membersihkan panci berkerak, kegunaan lapisan stainless steel pada peralatan masak, cara membersihkan peralatan aluminium, cara merawat soblok, agar panci tidak hitam, membersihkan wajan, cara merawat panci stenlis, cara merawat panci agar tidak berkarat



One Response

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!