6 Penyebab Utama Nyeri Pinggang yang Harus Kamu Tahu

Penyebab utama nyeri sakit pinggangFaktor penyebab nyeri pinggang | Nyeri pada bagian pinggang sering Anda abaikan begitu saja, padahal bila dibiarkan lama kelamaan bisa berbahaya, nyeri pinggang ini bisa menyebar sampai kebagian bokong bahkan kaki.

Penyebab nyeri pinggang ini sebenarnya banyak sekali, mulai dari aktivitas sehari-hari yang terlalu berat hingga pengaruh obat kimia dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah ulasan tentang penyebab nyeri pinggang :

1. Siatika

Siatika adalah tertekannya saraf pada tubuh yang menghubungkan saraf tulang belakang dengan saraf pada kaki Anda. Siatika ini bisa terjadi karena pergeseran cakram tulang belakang. Cakram tulang belakang itu sendiri adalah struktur yang terdapat di antara tulang belakang yang berfungsi untuk mempermudah gerakan sendi tulang belakang dan meresap gerakan. Siatika biasanya akan didampingi gejala seperti kesemutan pada bagian pinggang kiri, dan rasa perih.

2. Spinal stenosis

Spinal stenosis adalah penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya saraf tulang belakang. Spinal stenosis ini paling banyak disebabkan karena degenerasi cakram tulang belakang. Saraf yang tertekan akibat spinal stenosis dapat mengakibatkan kram, kebas dan lemas pada bagian tubuh yang sarafnya tertekan. Kondisi seperti ini akan semakin parah jika Anda dalam posisi berdiri atau berjalan.

3. Gangguan ginjal

Penyebab nyeri pinggang selanjutnya bisa jadi karena gangguan pada ginjal. Ginjal yang berada pada pinggang bagian kiri ini menyebabkan nyeri pada pinggang, apabila kondisi ginjal sedang tidak baik. Penyebab nyeri pinggang yang satu ini ada baiknya jika Anda deteksi dengan baik agar dapat segera melakukan pengobatan medis.

Baca juga: cara mengobati keseleo tanpa urut

4. Otot tegang

Aktivitas yang menggunakan otot secara berlebih merupakan penyebab nyeri pinggang yang paling banyak dialami. Otot tegang ini biasanya terjadi karena seseorang melakukan gerakan berat yang melibatkan pinggang tanpa adanya pemanasan atau peregangan terlebih dahulu sehingga menyebabkan otot menjadi tegang bahkan bisa sobek. Otot tegang ini biasanya ditandai dengan rasa sakit dan nyeri pada bagian pinggang. Untuk mengatasi otot tegang ini hanya dengan istirahat yang cukup dan melakukan terapi fisik seperti pendinginan pada senam.

5. Gangguan mekanik

Gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan tulang belakang bisa menjadi penyebab nyeri pinggang selanjutnya. Salah satu penyebab terganggunya mekanik struktur tulang belakang adalah alas tidur yang terlalu keras.

6. Kurang olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kurangnya olahraga dapat menyebabkan menurunnya sendi sehingga otot mudah cedera. Penyebab nyeri pinggang yang satu ini tentu harus Anda hindari sejak dini.

Bbaca juga: 10 makanan penyebab keputihan gatal wanita

Beberapa penyebab nyeri pinggang yang sudah disebutkan di atas tentu harus anda kenali sehingga Anda bisa segera melakukan pemeriksaan atau pengobatan sedini mungkin, agar tidak menimbulkan penyakit berbahaya.
Selain itu penyebab nyeri pinggang yang dapat Anda cegah seperti olahraga juga harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan pinggang Anda.

Daftar Istilah:

tompel, obat pembersih lantai teraso, tahu tahu pinggang nyeri, strukturtulang pinggang, struktur tulang pinggang, pergeseran cakram tulang blkng, jahe menghilangkan bengkak akibat keseleo, nyeri pinggang sebulan dan keputihan banyak, nyeri pinggang, makanan penyebab sakit pinggang, letak sarap sakit pinggang, letak sakit pingganh, Kenapa tulang pinggang bisa biru, yang harus di hindari saat sakit pinggang



error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!