Tips Ampuh Mengusir dan Membasmi Kecoak dalam Rumah

tips mengusir dan membasmi kecoak dari rumah secara alamiMengusir dan membasmi kecoak | Bagi sebagian besar orang, kecoak merupakan salah satu jenis serangga yang sangat menjijikkan dan jorok. Serangga ini lebih suka bersarang di tempat-tempat yang lembab, kotor, dan berbau apak. Selain keberadaannya yang cukup mengganggu, kecoak juga menjadi sumber penyebaran penyakit karena mereka senang hidup di tempat-tempat yang jorok dan kotor serta selalu mengeluarkan cairan berbau. Adapun beberapa penyakit yang ditularkan melalui kecoak, antara lain disentri, diare, typhus perut, dan kolera. Karena itulah, Anda harus membebaskan rumah Anda dari kecoak. Bagaimana caranya?

Membasmi kecoak sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Anda pun tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia yang berisiko bagi kesehatan Anda dan seluruh anggota keluarga Anda. Hanya saja, Anda perlu sedikit bekerja ekstra karena ketahanan tubuh kecoak yang cukup kuat. Betapa tidak, kecoak mampu bertahan hidup tanpa makanan hingga sebulan, tanpa air selama dua minggu, dan tanpa kepala selama beberapa hari. Maka, cara tercepat untuk membasmi kecoak adalah dengan menghancurkan tubuhnya, mungkin dengan cara memukul atau menginjak kecoak beberapa kali sampai mati. Cara seperti ini memang cukup efektif untuk membunuh kecoak dewasa. Namun, permasalahannya, tidak semua orang mempunyai keberanian untuk memukul atau menginjak tubuh kecoak. Selain itu, cara ini tidak bisa mencegah menetasnya telur-telur kecoak yang ada.

Lalu, langkah apa yang mesti ditempuh untuk membasmi kecoak secara tuntas? Solusinya, cukup gunakan bahan alami yang sangat mudah Anda dapatkan serta lebih aman ketimbang menggunakan obat kimia. Berikut beberapa bahan alami beserta langkah-langkah penggunaannya yang bisa Anda praktikkan untuk mengusir kecoak dari rumah Anda.

  1. Mentimun atau lemon. Caranya, potong-potong mentimun dan lemon, lalu letakkan di tempat-tempat yang sering dilalui kecoak.
  2. Daun salam. Caranya, sama dengan mentimun dan lemon, yaitu potong-potong daun salam dan letakkan di tempat-tempat yang dilewati oleh kecoak.
  3. Daun bay. Bentuk daun bay serupa daun salam. Haluskan daun ini, kemudian sebarkan di bagian-bagian khusus di rumah Anda. Niscaya, kecoak akan kabur dari rumah Anda karena tidak suka dengan aroma daun bay.
  4. Catrip. Jenis tanaman hias ini mengandung bahan kimia bernama nepetlactone yang tidak disukai oleh kecoak. Caranya, potong-potong atau haluskan tanaman ini, lalu tempatkan di area rumah Anda yang banyak dilewati kecoak atau tempat yang menjadi sarang kecoak.
  5. Lavender. Caranya, cukup letakkan biji bunga lavender dalam sebuah wadah dan tempatkan di tempat-tempat di mana kecoak sering berlalu-lalang. Aroma yang dihasilkan dari bunga lavender akan mengusir kecoak dari rumah Anda, di samping mampu menyegarkan udara di ruangan rumah Anda.
  6. Campuran baking soda dan gula. Campur baking soda dan gula dengan perbandingan yang sama. Sebarkan campuran ini ke sarang-sarang kecoak atau area-area yang kerap dilewati kecoak di rumah Anda. Kecoak yang menyukai gula akan segera mengerubuti dan memakannya. Namun, baking soda yang ada di dalam campuran ini membuat perut kecoak kemubung dan akhirnya mati.
  7. Tanah diatom. Tanah diatom adalah pecahan tanah kerikil dari tanaman laut yang bernama diatom. Bahan ini akan membunuh kecoak secara perlahan-lahan. Bila mengenai tubuh kecoak, tanah diatom akan mengakibatkan cangkang kecoak hancur serta membuat kecoak dehidrasi sebelum akhirnya mati.

 

Sementara, untuk membasmi kecoak beserta anak dan telur-telurnya, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Basmi kantong telur kecoak menggunakan air panas untuk mencegahnya menetas. Biasanya, kantong telur kecoak ini berbentuk kapsul cokelat tua dan dapat menghasilkan puluhan kecoak baru hanya dalam hitungan minggu.
  2. Jagalah selalu kebersihan rumah dan lingkungan. Kecoak sangat suka dengan tempat-tempat yang lembab dan kotor.
  3. Usahakan tempat sampah basah Anda selalu dalam kondisi tertutup rapat, sehingga kecoak tidak mudah masuk.
  4. Usahakan tidak ada remahan atau ceceran sisa makanan, sehingga tidak memancing atau mengundang datangnya kecoak.

Dengan melakukan tips ampuh mengusir dan membasmi kecoak di atas, mudah-mudahan rumah Anda akan terbebas dari kecoak yang menyebalkan itu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Daftar Istilah:

kerak toilet, basmi kecoa baking soda, cara membersihkan kompor dengan citric acid, cara menghilangkan bau kecoa pada jaket kulit, cara menghilangkan kecoak dalam rumah, mbasmi kecoakdi rumah, panduan pemeliharaan kompor gas



error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!