Tips Membersihkan Lantai Keramik, Sederhana tapi Ampuh

Diposting pada


Tips membersihkan lantai keramik | Lantai menjadi bagian rumah yang sering digunakan. Karena itu, menjadi tidak sedap dipandang apabila kondisi lantai terlihat kotor dan tidak terawat. Apalagi jika lantai rumah kita berwarna putih atau warna cerah lainnya, tentu kota sedikit pun akan mudah terlihat.

 

merawat lantai keramik

Lantai kotor ada banyak sebabnya, bisa karena sisa-sisa makanan yang jatuh, atau karena bekas mainan anak-anak. Namun, apa pun sebabnya, kita tetap harus membersihkan lantai keramik kita agar tanpak berkilau dan clink!

Nah, agar lantai keramik Anda selalu bersih dan mengkilap, diperlukan perawatan rutin setiap hari (daily maintenance). Berikut tips membersihkan lantai keramik sehari-hari secara mudah dan efektif:

  1. Rajin-rajinlah menyapu lantai setiap kali kotor. Ini dilakukan untuk menghindari kotoran maupun butiran pasir yang dapat menyebabkan goresan pada permukaan keramik.
  2. Lakukanlah pengepelan minimal tiga kali sehari (pagi, siang, dan sore) atau setiap kali lantai terlihat kotor, cukup dengan air bersih saja. Tambahkan obat pel hanya jika perlu, itu pun jangan terlalu banyak, karena akan meninggalkan sisa detergen yang bersifat lengket yang justru akan mempercepat lantai menjadi kotor.
  3. Gunakanlah lap pel yang bersih dan berdaya serap tinggi.
  4. Hindari penggunaan pembersih lantai yang memiliki kandungan asam tinggi, karena bisa menyebabkan lapisan glazur keramik terkikis, sehingga keramik tidak mengkilat lagi dan terlihat kusam.
  5. Kalau Anda memang ingin membersihkan lantai keramik Anda dengan pembersih yang mengandung asam, jangan gunakan secara murni. Campurlah dengan sedikit air, dan segera bilas lantai dengan air bersih serta keringkan.
  6. Gunakanlah alat pembersih yang lembut, jangan menggunakan alat pembersih yang bersifat abrasive. Kalaupun terpaksa menggunakannya, usahakan jangan yang terlalu kasar.
  7. Mulailah mengepel lantai dari bagian pinggir dahulu, baru kemudian dari sudut terjauh dengan cara mundur secara berkesinambungan. Sering-seringlah mengganti air apabila airnya sudah kotor karena pembilasan. Tinggalkan lantai dalam kondisi kering.
  8. Untuk lantai keramik luar ruangan yang sering terkena air dan panas matahari secara langsung, seperti teras rumah, biasanya cepat kotor dan berkerak. Karena itu, sering-seringlah membersihkannya. Jika berkerak, gunakanlah obat pembersih yang mengandung asam yang tidak begitu tinggi. Sikat sampai bersih, setelah itu bilas dengan air dan keringkan.

Itulah tips membersihkan lantai keramik yang dapat Anda lakukan. Kelihatannya sih sederhana dan gampang dilakukan. Memang demikian adanya. Namun, apabila Anda lakukan, tentu keramik rumah Anda akan selalu bersih dan anak-anak pasti suka bermain di atasnya. Dan, yang terpenting, kita tidak khawatir anak-anak kita akan terserah penyakit karena kuman yang ada di lantai. Semoga bermanfaat.

Anda punya pengalaman membersihkan lantai, silakan share di sini!

 

Daftar Istilah:

cara membersihkan keramik kasar, cara membersihkan keramik, cara membersihkan lantai keramik, cara membersihkan keramik kusam, cara membersihkan lantai keramik agar mengkilap, cara membersihkan lantai, Cara mengkilapkan keramik, cara membersihkan keramik lantai, cara mengepel lantai biar kinclong, pembersih lantai keramik, pembersih lantai, pembersih keramik, cara mengkilapkan lantai keramik yang kusam, cara membersihkan lantai keramik yang kusam, cara mengepel lantai keramik, cara membersihkan lantai keramik kasar, cara mengepel lantai, cara membersihkan lantai keramik putih, cara mengepel lantai keramik yang benar, tips mengepel lantai keramik agar mengkilap

5 thoughts on “Tips Membersihkan Lantai Keramik, Sederhana tapi Ampuh

  1. waaah bener banget nih. harus kontinyu juga yah ketika kita membersihkan lantai. jangan sampai ada yg tertinggal dan jangan males. ohiya katanya ada alat yg bisa bikin kita nyapu dan ngepel sekaligus tanpa listrik dan tanpa cape

  2. Tip nya sangat bermanfaat dan patut di contoh. Banyak orang membersihkan keramik memakai obat pembersih yang mengandul HCL. Jika tidak hati hati justru akan mengakibatkan lapisan glazur keramik rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *