Tips Mencuci Pakaian agar Bersih, Awet, dan Tetap Bagus

Cara mencuci pakaian agar awet bagusTips mencuci pakaian agar bersih, awet, dan tetap bagus | Apa yang Anda pikirkan jika baju atau pakaian kesayangan Anda ternyata cepat kusam, warnanya memudar, bahkan kumal? Tentu hal itu tidak Anda inginkan, bukan? Bagaimana tidak, pakaian yang hampir setiap ada even selalu Anda kenakan, kini tidak bisa Anda kenakan lagi lantaran sudah tak layak lagi dipakai.

Nah, agar pakaian tetap awet, bagus, dan tetap menarik untuk dikenakan, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada saat proses mencuci pakaian. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sesuaikan cara mencuci pakaian berdasarkan sifat bahannya, karena tidak semua jenis pakaian dapat dicuci dengan cara yang sama. Umumnya, bahan pakaian dari serat alami tidak dapat dicuci secara sembarangan. Bahkan, untuk jenis kain tertentu, seperti wol dan sutra, hanya bisa dicuci dengan teknik dry clean. Biasanya, pada label pakaian yang ada di bagian leher atau pinggang terdapat petunjuk dari pabrik mengenai perlakuan yang dianjurkan saat mencuci pakaian tersebut. Ada aturan tentang suhu air, bahan kimia untuk mencuci, cara menyetrika, dan sebagainya.
  2. Sebelum mencuci, pilah-pilah pakaian berdasarkan tingkat kekotorannya. Jangan menggabung pakaian yang habis dipakai untuk bermain lumpur atau terkena noda berat dengan pakaian yang dikenakan sehari-hari. Sebab, pakaian yang sebelumnya tidak terlalu kotor bisa terkontaminasi oleh kotoran dari pakaian tersebut.
  3. Pisahkan terlebih dahulu pakaian putih dari pakaian berwarna. Hal ini dilakukan untuk melindungi pakaian putih Anda dari kelunturan jika ternyata salah satu dari pakaian berwarna Anda luntur.
  4. Apabila pakaian Anda ternoda oleh kuah soto yang mengandung kunyit atau terkena tumpahan air teh, segera bersihkan pakaian dari noda tersebut karena noda yang masih baru umumnya cenderung lebih mudah dibersihkan. Setelah noda hilang dari pakaian, barulah pakaian dicuci seperti biasanya.
  5. Sebelum menggunakan bleaching (cairan pembersih noda), terlebih dahulu lakukan tes kelunturan dengan membubuhkan cairan bleaching tersebut pada bagian yang tersembunyi. Tunggu beberapa saat. Apabila terjadi perubahan warna, jangan gunakan produk tersebut.
  6. Agar serat kain tidak cepat rusak serta warnanya tidak cepat memudar, jangan terlalu lama merendam pakaian di dalam larutan detergen (jangan lebih dari satu jam).
  7. Jangan terlalu banyak menggunakan detergen. Terlalu banyak detergen tidak akan membuat pakaian lebih bersih, namun justru menimbulkan masalah. Detergen bisa terperangkap di dalam serat kain, sehingga pakaian menjadi kaku dan cepat rusak. Selain itu, menggunakan terlalu banyak detergen juga merupakan suatu pemborosan.
  8. Supaya aroma pakaian harum saat dikenakan, saat proses pembilasan pakaian yang terakhir, Anda boleh menambahkan pelembut dan pewangi pakaian.

 

Lakukan cara-cara tersebut, niscaya Anda akan menemukan pakaian kesayangan Anda tetap awet, bersih, dan tidak kusam. Anda dapat terus mengenakannya setiap kali ada even, terutama yang pas dengan sifat dan karakter pakaian Anda tersebut. Sungguh menyenangkan, bukan?

Itulah cara mencuci pakaian agar tetap awet, bersih, dan menarik yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Cukup luangkan waktu dan lakukan dengan santai. Jika Anda memiliki pembantu, atau membayar orang untuk mencuci pakaian Anda, Anda bisa memberi tahunya atau menunjukkan artikel ini. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir pakaian Anda akan kusam dan warnanya memudar.

Terima kasih jika Anda mau share artikel cara mencuci pakaian agar bersih, awet, dan tetap bagus ini. Sehingga lebih banyak orang yang mengetahuinya.

Daftar Istilah:

cara mencuci baju dengan cepat, cara mencuci baju yang cepat dan bersih, cara merawat pakaian agar tidak kusam, cara mencuci baju cepat dan bersih, cara mencuci baju, cara mencuci baju dengan cepat dan bersih, cara merawat Pakaian, cara mencuci pakaian agar tidak kusam, cara mencuci pakaian agar bersih, cara mencuci cepat dan bersih, Cara merawat baju, cara mencuci baju agar bersih dan wangi, tips mencuci pakaian, cara mencuci baju cepat, cara mencuci pakaian cepat dan bersih, cara mencuci pakaian, tips mencuci cepat, cara mencuci, cara cuci baju cepat dan bersih, tips mencuci pakaian agar bersih, cara menjaga pakaian agar tetap bersih, gimana cara mencuci dengan bersih, cara merawat pakain cowo biar tetep bersih, cara merawat pakaian agar awet, cara mencuci baju baru, cara mencuci baju agar tidak cepat kusam, cara mencuci pakaian dengan cepat, cara mencuci pakaian bersih dan cepat, tips mencuci baju baru, cara cuci baju cepat



error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!