Tips Mudah Merawat dan Membersihkan Gorden

Diposting pada


Model gorden batik motif bungaTips merawat dan membersihkan gorden | Gorden atau tirai adalah salah satu dekorasi rumah yang sering kali diabaikan oleh banyak pemiliknya. Pada umumnya, orang-orang lebih memilih membeli gorden yang baru ketimbang merawat gorden yang lama secara berkala apabila gorden lama sudah terlihat kotor, kusam, dan tidak menarik lagi untuk dilihat.

Tak dapat dipungkiri, dari seluruh elemen dekorasi di rumah, gorden memang mudah sekali kotor dan bisa menimbulkan gangguan pernapasan. Hal ini disebabkan ketika jendela dibuka, gorden akan menangkap kotoran dan menyerap kelembaban dari luar. Debu, asap, serbuk sari, bakteri, minyak, dan partikel-partikel kecil lainnya adalah beberapa contoh kotoran yang diserap oleh gorden jendela. Bahkan, sekalipun jendela sudah ditutup, masih terdapat celah atau bagian-bagian di mana udara beserta partikel-partikel kecil tetap bisa masuk.

Selain itu, manakala Anda membersihkan rumah, seperti menyapu lantai atau membersihkan meja dan kursi dengan kemoceng, debu-debu atau kotoran yang Anda bersihkan tersebut sebagian akan beterbangan dalam ruangan dan menempel pada gorden cantik Anda. Jika dibiarkan, lama-kelamaan debu yang menempel semakin tebal, sehingga berisiko menimbulkan kuman dan bakteri. Karena itulah, perawatan dan pembersihan gorden secara berkala mutlak diperlukan agar gorden tetap terlihat indah dan tidak menjadi sumber penyakit.

Cara merawat dan membersihkan gorden

Mencuci gorden memang merupakan pekerjaan yang agak merepotkan, terlebih gorden yang berukuran besar dan tebal. Ada sebagian orang yang memilih mencucinya seminggu sekali, sebulan sekali, bahkan setahun sekali. Akan tetapi, jika gorden terlalu sering dicuci, bukan hanya merepotkan bagi Anda, namun juga akan mengurangi kualitas bahan gorden tersebut. Lalu, bagaimana solusinya? Ikuti saja tips-tips mudah berikut:

  1. Pencucian minimal tiga bulan sekali wajib dilakukan. Akan lebih baik, saat memilih gorden, pilihlah jenis bahan yang mudah dibersihkan.
  2. Untuk perawatan yang maksimal, sebelum Anda melakukan pembersihan gorden, periksalah setiap instruksi manufaktur dan bacalah petunjuk setiap label yang ada pada gorden tersebut saat Anda membelinya. Perlu Anda ketahui, tidak semua gorden bisa dicuci dengan cara yang sama. Ada beberapa jenis gorden yang memerlukan dry cleaning, misalnya gorden yang memiliki model lipit-lipit. Selain itu, jangan mencuci gorden yang tidak dilabeli sebagai bahan yang dapat dicuci, sebab beberapa jenis gorden memiliki hiasan dan trim yang tidak colorfast. Biasanya, gorden yang tidak dianjurkan untuk dicuci adalah gorden berbahan wol, sutra, dan rayon. Gorden yang mudah pudar warnanya karena sinar matahari sebaiknya juga tidak dicuci. Lagi pula, hampir semua jenis gorden akan pudar warnanya jika terkena sinar matahari langsung. Karena itu, ada baiknya jika gorden yang Anda pajang, Anda balik beberapa waktu sekali agar warnanya tidak terlihat belang.
  3. Untuk gorden tanpa lipit-lipit, bisa Anda cuci sendiri di rumah. Namun, sebelum mulai mencuci, jangan lupa melepas terlebih kawat, smock ring, dan besi yang ada pada gorden. Hal ini dilakukan untuk menghindari karat yang bisa menyebabkan rusaknya gorden.
  4. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan gorden dengan vacuum cleaner, kain basah, atau kemoceng. Jika menggunakan vacuum cleaner, mulailah dari bagian atas ke bawah agar debu dan kotoran hanya terjatuh pada bagian yang belum dibersihkan, dan jangan sebaliknya. Bersihkan tiap lipatan dan lekukan dengan teliti, karena di sanalah debu biasa menumpuk. Sebaiknya, bersihkan gorden dalam posisi menggantung agar lebih mudah. Namun, tetaplah waspada ketika menyedot debu. Jangan sampai kain tertarik dan terlepas dari tongkat penyangganya. Terakhir, pastikan Anda telah membersihkan kedua sisi gorden. Meski tak terlihat, bagian belakang gorden juga berpotensi mengumpulkan debu yang berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan, apabila Anda menggunakan kain basah, sebaiknya gorden dibersihkan terlebih dahulu dengan vacuum cleaner atau diseka dengan kemoceng, agar gorden tidak semakin kotor oleh air debu yang kental. Karena itu, sebaiknya hindari penggunaan kain basah pada gorden berwarna terang.
  5. Jika Anda ingin mencuci gorden Anda dengan mesin cuci, usahakan mesin cuci jangan sampai kelebihan kapasitas dengan cucian-cucian kotor lainnya, agar gorden dapat bergerak bebas. Jika perlu, khususkan untuk mencuci gorden saja, jangan dicampur dengan cucian kotor yang lain. Gunakan detergen yang lembut serta hindari penggunaan air panas karena dapat merusak bahan gorden.
  6. Untuk gorden yang tipis atau halus, bisa dicuci secara manual menggunakan tangan dan digosok dengan lembut. Bilaslah kurang lebih sebanyak tiga kali karena gorden biasanya menyerap debu lebih banyak. Kemudian, tambahkan pewangi atau pelembut pakaian agar gorden berbau segar.
  7. Untuk penjemuran gorden setelah dicuci, usahakan tidak di bawah sinar matahari langsung demi menjaga keawetan warnanya. Untuk poni gorden yang biasanya terdiri dari renda-renda atau benang berwarna-warni dan poni gorden dengan desain pelmet, jemurlah dengan cara menjepit bagian atasnya pada tali jemuran, sehingga posisinya sama seperti saat poni gorden terpasang pada jendela. Ini dilakukan untuk menghindari berubahnya bentuk poni, serta benang atau renda-renda tersebut tidak kusut.
  8. Untuk mencuci cincin gorden yang berkarat, masukkan cincin ke dalam air cuka panas untuk mengembalikan kilaunya. Sementara, untuk membersihkan tiang gorden yang kusam dapat digunakan air sabun.

Wih, puanjang banget neh artikelnya, hehe… yah itulah cara merawat dan membersihkan gorden yang bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah Anda. Gorden memang bukan bagian utama dari rumah. Namun, jika gorden yang kita pakai ternyata terlihat kotor dan kusut, tentu hal ini dapat mengganggu pemandangan. Apalagi kalau gorden tersebut ternyata terdapat di ruang tamu. Jika ini terjadi pada Anda, tentu Anda akan merasa malu terhadap tamu yang datang ke rumah Anda.

Oleh karena itu, Artikel tips merawat dan membersihkan gorden ini ditulis untuk membantu Anda yang masih kebingungan dalam urusan merawat dan membersihkan gorden. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Daftar Istilah:

cara mencuci gorden, cara mencuci gorden blackout, cara mencuci gorden dengan mesin cuci, cara mencuci korden, cara membersihkan gorden, cara merawat gorden, cara mencuci hordeng, cara mencuci gorden laundry, cara mencuci gorden smokering, cara menyetrika gorden blackout, cara mencuci vitrage jendela, caran mencuci hordeng besar, mencuci korden bahan blackout, tips membersihkan gorden, tips memutihkan korden