10 Cara Ampuh Mengusir – Mencegah Lalat Masuk Rumah

Di Tips Harian 4 views

gambar lalat raksasaCara mengusir-mencegah nyamuk masuk rumah | Di antara sekian banyak serangga, lalat adalah salah satu jenis yang sangat mengganggu, apalagi jika beterbangan di dalam rumah. Serangga yang identik dengan sampah dan kotoran ini sering kali hinggap di makanan, meja makan, atau area dapur. Tentu, ini bukan pemandangan yang enak dilihat, terlebih lalat bisa menularkan penyakit berbahaya termasuk disentri, TBC, kolera, dan cacing parasit.

Dapur yang kotor atau tumpukan sampah basah biasanya menjadi pemicu kehadiran lalat di dalam rumah. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan dapur serta mengosongkan area sampah basah di rumah Anda. Namun, terkadang jengkel juga karena meskipun rumah Anda sudah bersih, ternyata lalat-lalat datang dari tetangga sebelah yang jorok. Jika demikian yang terjadi, apa yang harus Anda lakukan?

Upaya pertama yang harus Anda lakukan adalah mencegah agar lalat datang ke rumah. Sangat penting untuk tidak menarik sumber makanan atau tempat-tempat bagi larva lalat tumbuh. Berikut beberapa upaya yang bisa Anda lakukan:

  1. Selalu tutup makanan Anda. Lalat paling senang hinggap di tempat-tempat yang banyak makanannya, termasuk ruang makan, dapur, dan tempat sampah. Karena itu, jika Anda tidak menginginkan lalat menyatroni rumah Anda, persulitlah mereka mendapatkan makanan. Biasakan untuk menutup rapat semua makanan dan gunakan tudung saji untuk menutup makanan yang ada di meja makan. Sebagai tempat membuang sisa-sisa makanan atau sampah-sampah organik lainnya, gunakan tempat sampah yang bertutup.
  2. Jagalah selalu kebersihan. Menjaga rumah tetap bersih merupakan salah satu upaya mencegah datangnya lalat. Lingkungan yang bersih dan bebas dari makanan terbuka tidak disukai lalat. Karena itu, pastikan membersihkan dapur setiap kali selesai memasak, terlebih saat Anda mengolah ikan dan daging, karena kedua bahan makanan ini sangat disukai lalat. Jangan terlalu lama meninggalkan sampah di dapur, buanglah setiap saat.
  3. Cucilah permukaan meja dapur setiap hari menggunakan lap yang dicelupkan ke dalam air sabun, bilas sampai bersih. Bersihkan pula sisa-sisa saus, kecap, atau remah-remah dengan sesegera mungkin.
  4. Jangan membiasakan meninggalkan botol-botol minuman, kaleng, dan gelas yang berisi jus, anggur, soda, atau bir karena ini akan mengundang datangnya lalat.
  5. Ketika cuaca panas, ikat serta pindahkan kantong sampah dari dapur setiap hari ke tempat sampah, dan pastikan tempat sampah tertutup rapat untuk menghindari datangnya lalat.
  6. Bersihkan seluruh kaleng dan botol sebelum menempatkannya di kantong daur ulang. Cairan yang tertinggal di dalam kaleng atau botol dapat mengundang perhatian lalat.
  7. Pastikan tempat cuci piring beserta saluran airnya selalu dalam keadaan bersih agar tidak menarik perhatian lalat. Apabila Anda berpikir bahwa tempat cuci piring di dapur Anda menjadi tempat lalat berkumpul, siramlah salurannya dengan air setiap hari.
  8. Pastikan seluruh piring makan tercuci dengan bersih dan jangan meninggalkan piring kotor, baik di dapur, ruang makan, maupun ruangan-ruangan yang lainnya. Periksalah biji atau kulit buah-buahan yang mungkin tercecer, seperti di bawah kursi atau furnitur.
  9. Bungkus dengan plastik secara rapat atau simpan di lemari es makanan dan buah-buahan Anda, terlebih untuk buah yang cepat busuk karena jenis makanan ini seperti magnet bagi lalat. Lalat sangat senang menempatkan telur-telurnya pada makanan ini.
  10. Jagalah selalu pantry Kentang atau bawang yang tersimpan di dalam kantong-kantong akan berubah cepat dalam suhu yang panas dan ini akan menarik perhatian lalat.

Itulah 10 cara mengusir – mencegah lalat masuk rumah yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Cara-cara tersebut sangat ampuh untuk mencegah dan mengusir lalat yang terkadang membuat kita jengkel. Sebab, semakin diusir, sepertinya semakin banyak pula lalat yang datang. Karena itu, cobalah praktikkan cara-cara sederhana mencegah dan mengusir lalat di atas, dengan sendirinya lalat akan enggan masuk rumah Anda. Seolah-olah binatang kecil menyebalkan itu tahu bahwa ia akan mati jika masuk rumah Anda. hehe… Semoga bermanfaat! Selamat mencoba dan semoga sukses!

Daftar Istilah:

bagaimana cara mencegah agar lalat tidak hinggap pada makana, cara ampuh mngusir nyamuk, cara mencegah lalat masuk ke rumah, kenapa banyak lalat, penyebab banyak lalat, penyebab lalat ber, penyebab lalat berkumpul, rumah banyak lalat, rumah banyak laler bagaimana cara menghilangkanya

Tags: #cara mencegah lalat #cara mengusir lalat #cara mengusir lalat rumah #mencegah lalat #mengusir lalat #tips mengusir lalat rumah

3 Cara Membersihkan Botol Kaca dengan Mudah
3 Cara Membersihkan Botol Kaca dengan Mudah
Membersihkan Botol Kaca | Sebelum masuk ke
2 Cara Membersihkan Usus Sapi dengan Cepat dan Mudah
2 Cara Membersihkan Usus Sapi dengan Cepat dan Mudah
Cara membersihkan usus sapi | Bagi sebagian
14 Tips Menyimpan Pakaian Agar Awet dan tidak Berjamur
14 Tips Menyimpan Pakaian Agar Awet dan tidak Berjamur
Menyimpan pakaian agar awet dan tidak jamuran
Cara Merawat dan Membersihkan Perhiasan Perak agar Tetap mengkilap
Cara Merawat dan Membersihkan Perhiasan Perak agar Tetap mengkilap
Cara merawat dan membersihkan perhiasan perak –
Cara Membersihkan Talenan dari Plastik dan Kayu
Cara Membersihkan Talenan dari Plastik dan Kayu
Cara membersihkan talenan plastik dan kayu –
Cara Terbaik Merawat atau Memelihara Jaket Kulit agar Awet
Cara Terbaik Merawat atau Memelihara Jaket Kulit agar Awet
Cara merawat dan memelihara jaket kulit –
Baca Juga×

Top
error: Maaf ya! Kalo benar2 butuh, kontak kami!